25 Feb 2016
Februari 25, 2016

Mengatasi Varises Pada Wanita Hamil

0 Comment

kaki ibu hamil 01Varises merupakan pembekakan atau pembesaran pembulu darah yang biasanya berwarna biru. Varises disebabkan oleh adanya pembuluh darah balik atau vena yang menyebabkan  penurunan pada dinding vena. Varises bisa terjadi pada bagian kaki tertaama dibelakang lutut, pada saat wasir ata pada daerah kewanitaan Anda.

Varises yang terjadi saat kehamilan dikarenakan hormon progesteron kehamilan. Terjadi tekanan terhadap pembuluh darah pada pembuluh darah di pinggul dan pada pembuluh darah besar yang dikarenakan oleh pertmbuhan bayi Anda. Veba nenpunyai katuup yang bisa menghentikan darah yang kembali ke jantung dan mengalir mundur.

Saat katup ini tidak bekerja dengan baik maka pembulh darah menjadi sesak dan bisa mengakibatkan pertambahan darah. Dinding pembuluh darah mulai meregang dan vena membengkak, dan membuarnya terlihat di bawah kulit Anda.

Meskipun varises tidak membahayakan perkembangan janin Anda, namun kondisi tersebut bisa semakin buruk jika varises yang muncul disebabkan oleh kelebihan berat badan saat Anda hamil. Varises yang terjadi diarea kewanitaan bisa menghambat proses persalinan, dan berpotensi melakukan persalinan caesar jika kondisi semakin parah. Untuk Anda yang mengalami kehamilan pada usia diatas 40 tahun akan lebih beresiko terkena varises karena terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang bisa menghambat aliran vena sehingga varises akan mudah muncul. Berikut beberapa tips mengatasi varises pada ibu hamil.

1.Mencukupi kebutuhan Cairan Tubuh

Minum terlalu banyak kopi, teh, dan cola bisa membuat varisab lebih menyakitkan dan bisa menyebabkan sembelit bagi ibu hamil. Ada baiknya Anda minum minimal delapan gelas air setiap hari. Untuk Anda yang memerluakan suplemen tambahan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan atau bidan.

2.Mengonsmsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan tertentu saat hamil bisa membantu mengurangi rasa kurang nyaman pada varises dan bisa mencegah varises semakin buruk. Dengan mengonsumsi jus buuah, terutama blueberry dan blackberry bisa membantu mencegah varises. Bah tersebuut memiliki kandunagn pigmen yang bisa memperkuat dinding pembuluh darah. Mengonsumsi vitamin E bisa menurunkan resiko varises semakin parah, selain itu bawang putih juga bisa mencegah munculnya varises. Hindari makanan olahan yang bisa memperburuk kondisi.

3.Hindari penggunaan sepatu hak tinggi saat masa kehamilan

Saat masa kehamilan Anda harus menghindari penggunaan sepatu hak tinggi karena bisa menghambat pembuluh darah di area kaki. Untuk Anda yang ingin memakai sepatu hak tinggi saat kegiatan tertentu pastikan hak pada sepatu Anda tidak lebih dari 5 cm. Selain itu hindari duduk atau jongkok terlalu lama dan usahakan tidak duduk dengan kaki menyilang.

4.Latihan selama masa kehamilan membantu mengurangi varises

Dengan berolahraga secara teratur bisa mengurangi penumpukan lemak, juga bsa menjaga sirkulasi yang pada pembuluh darah Anda. Cobalah untuk berjalan, berenang maupun mengikuti kelas olahraga ringan. Hindari latihan yang terlalu berlebihan seperti jogging atau bersepeda yang bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah pada kaki Anda, dan bisa membuat keadaan semakin buruk

5.Hindari melakukan pijatan diatas varises

Jangan melakukan pijatan langsung diatas varises Anda, memijat kuat mungkin bisa menyakitkan dan membuat pembuluh darah semakin buruk. Anda bisa menggunakan air dingin untuk meregangkan otot tanpa harus melakukan pemikatan atau Anda juga bisa mencoba mengompres dengan kain yang direndam dlam cuka sari apel pada kaki Anda dua kali sehari. Untuk Anda yang mengalami varises yang semakin parah, segera konsultasikan pada domtr untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Share
Leave a Reply