29 Jun 2016
Juni 29, 2016

Informasi Mengenai Vaksin Palsu

0 Comment

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya berita peredaran vaksin palsu yang ditemukan disejumlah Apotek rumah sakit dan pelayanan swasta yang saat ini sedang ditangani oleh Bareskrim Mabes POLRI Bersama ini kami Informasikan sebagai berikut :

  1. Jenis Vaksin yang dipalsukan yaitu BCG, Campak, Polio, Hepatitis B dan Tetanus.
  2. Jenis Vaksin yang tersedia di RS Bunda dibawah naungan PT.Bundamedik  sebagai berikut
    a.) Kardus dan vial vaksin memiliki no Batch ( kode produksi ) dan tanggal pembuatan
    b.) Cetakan tulisan dikardus dan label vial terlihat halus dan tajam, tidak kasar
    c.) Tutup karet ( stopper ) botol warnanya sama antara satu botol dengan yang lainnya (abu-abu)
    d.) Vaksin tidak memiliki label BPOM ( biasanya adalah lingkaran merah dengan huruf K sebagai tanda bahwa ini adalah obat dengan resep dokter).
  3. RS Bunda  menyatakan bahwa vaksi yang dipergunakan di rumah sakit adalah vaksin yang terjamin keasliannya karna pengadaannya langsung dari distributor resmi yang ditunjuk oleh PT. Biofarm yaitu Sagicapri, Merapi, Rajawali dan Indofarma.
    a.) Vaksin yang diproduksi oleh PT. Biofarma seperti vaksin TT, BCG, Polio, DPT-HB-Hib (Pentabio) dan Campak , kami peroleh daro distributor resmi PT.Sagi Capri.
    b.) Vaksin yang diproduksi oleh PT. GlaxoSmithkline (GSK) seperti : Engerix B 0,5 ml, Junior, Synflorix, Varilix dan Rotariq, kami peroleh dari distributor resmi PT.Anugrah Pharmindo, Lestari ( APL )
    c.) Vaksin yang diproduksi oleh PT.Sanofi Pasteur seperti : Act HIB, Tetrac HIB, Pediacel, Vaxigrip, Trimovax dan Typim Vi, kami peroleh dari distributor resmi PT.Anugrah Pharmindo Lestari ( APL )

Demikian pemberitahuan ini dibuat agar semua pihak terkait dapat memberikan informasi dan penjelasan kepada pasien yang melakukan imunisasi di RS Bunda, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Share
Leave a Reply