Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisinya. Berikut beberapa makanan bernutrisi yang paling baik untuk Ibu konsumsi selama kehamilan:

Telur. Kandungan gizi telur sangatlah banyak. Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein. Padahal kalori telur hanyalah 90 kalori saja. Selain itu, telur sangat mudah didapatkan, mudah dimasak dengan berbagai variasi, dan murah. Jadi bila ibu sedang tidak sempat menyiapkan makanan yang rumit, telur bisa jadi pilihan tepat.

Salmon. Salmon mengandung banyak protein dan merupakan sumber utama Omega 3 yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Selain itu, tidak seperti beberapa jenis ikan lainnya, salmon hanya mengandung sedikit jumlah methylmercury, bahan kimia yang bisa membahayakan perkembangan sistem syaraf janin.

Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung serat dan protein yang paling tinggi bila dibandingkan dengan sayuran lainnya. Serat yang dikandung kacang juga sangat penting untuk mencegah sembelit.

Ubi jalar. Ubi jalar memiliki warna daging yang oranye karena mengandung karetenoid, pigmen pada tanaman yang dalam tubuh kita diubah menjadi vitamin A. Selain Ubi Jalar, Labu juga menjadi pilihan karena kaya akan vitamin C, asam folat, dan serat.

Makanan yang terbuat dari gandum utuh. Gandum utuh sangat penting untuk masa kehamilan karena kaya serat dan nutrisi, termasuk vitamin E dan selenium. Oatmeal ataupun roti gandum bisa jadi sumber utama untuk Bunda.

Kacang Kenari. Bila Bunda tidak menyukai ikan atau telur, Bunda bisa mencoba kacang kenari, yang menjadi sumber utama Omega 3.

Yogurt. Yogurt kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Bila bunda tidak mengonsumsi kalsium yang cukup selama masa kehamilan, kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang janin akan diambil dari tubuh Bunda.

Sayuran berdaun gelap. Sayuran berdaun gelap seperti Bayam kaya akan vitamin, termasuk vitamin A, C, K, zat besi serta asam folat. Selain itu sayuran ini juga penting untuk kesehatan mata dan pembentukan sel darah merah.

Daging tanpa lemak.  Daging adalah sumber protein yang tinggi. Pilih daging yang lemaknya sudah dikurangi (lean meat).

Sayuran dan buah yang berwarna. Memakan variasi sayuran hijau, merah, oranye, kuning, ungu, dan putih memastikan Mama dan janin mendapatkan nutrisi yang bervariasi, karena setiap kelompok makanan berwarna mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berbeda.

Leave a Reply