07 Des 2017
Desember 7, 2017

Vitamin Terpenting dalam Kehamilan

0 Comment

Vitamin terpenting untuk program hamil adalah Asam Folat. Terlalu banyak konsumsi vitamin yang katanya dapat membantu kesuburan, sebagian besar tidak terbukti bermanfaat.

Vitamin E dikatakan bermanfaat untuk kesuburan hingga kecantikan. Tapi ternyata konsumsi vitamin E sehari sudah cukup diperoleh dari makanan saja seperti sayuran berdaun hijau. Meningkatkan konsumsi vitamin E tidak meningkatkan keberhasilan promil.

Antioksidan adalah salah satu suplemen yang sering diberikan untuk ibu-ibu yang sedang promil. Penelitian-penelitian ilmiah belakangan menunjukkan bahwa antioksidan tidak bermanfaat untuk promil. Bahkan konsumsi berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker.

Multivitamin sering diberikan dengan asumsi bahwa tubuh memerlukan tambahan. Padahal dengan pola makan yang sehat dan seimbang, multivitamin tidak perlu dikonsumsi lagi.

Selain itu, beberapa jenis vitamin juga berbahaya untuk janin terutama di kehamilan muda. Contohnya : vitamin A (adalah salah satu vitamin yang berfungsi juga sebagai antioksidan), bila dikonsumsi dalam dosis tinggi (>10.000 IU) dapat berpotensi sebagai teratogen (meninmbulkan cacat pada bayi). Oleh karena itu dalam promil, makanan dan pola hidup sehat lebih penting daripada sekedar mengkonsumsi aneka macam vitamin dan suplemen yang belum tentu bermanfaat untuk kita. Ingat, hanya Asam Folat yang terpenting diberikan selama promil atau saat sedang merencanakan kehamilan.

Penulis : dr. Ivander R. Utama, SpOG – RSIA Citra Ananda

 

Leave a Reply