Salah satu kunci persalinan normal adalah membangun PD (percaya diri) bumil. Salah satunya adalah dengan senam hamil. Senam Hamil akan memiliki banyak manfaat, seperti: melatih otot-otot persalinan, melatih teknik pernafasan ibu, mengkondisikan/membiasakan bumil terhadap posisi-posisi yang akan digunakan dalam persalinan serta meningkatkan rasa percaya diri dan sikap positif terhadap persalinan.

Senam hamil seringkali dianggap tidak bermanfaat dan banyak yg bilang pada saat persalinan, maka semua yg diajarkan pada saat senam hamil akan lupa semua! Hal ini benar adanya, namun hal ini terjadi karena senam hamil terlambat dilakukan.

Banyak bumil yang baru mulai untuk senam hamil pada saat kehamilannya sudah mencapai trimester ketiga atau bahkan setelah mencapai 9 bulan. Hal ini sebenarnya sudah terlambat, karena untuk melatih otot dan teknik pernafasan dibutuhkan waktu yg tidak sebentar. Contohnya, saat seseorang ingin ahli dalam olahraga tertentu, maka perlu dilakukan latihan sejak berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu jangan harap senam hamil memberikan manfaat maksimal bila baru dilakukan di trimester ketiga.

Pada prinsipnya senam hamil harus dilakukan sedini mungkin. Usia kehamilan 16 minggu saat ibu sudah merasakan nyaman dengan kehamilannya, maka senam hamil sudah dapat dimulai.

Sumber :┬ádr. Ivander R. Utama, SpOG – RSIA Citra Ananda

Leave a Reply