Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung adalah prosedur invasif minimal yang digunakan untuk mengevaluasi anatomi dan fungsi jantung dan arteri koroner. Ini bukan operasi tapi studi diagnostik di Laboratorium Cath yang biasanya memakan waktu satu hingga dua jam untuk menyelesaikannya. Prosedur ini kadang disebut Angiogram Koroner.

Prosedur ini membantu ahli jantung untuk mendiagnosa kondisi jantung seperti penyakit arteri koroner, katup jantung yang rusak, cacat jantung bawaan, dan memberikan informasi tentang kekuatan otot dan fungsi pemompaan jantung.

Selama prosedur, Ahli Jantung menempatkan sebuah tabung (disebut kateter) ke arteri di paha bagian atas atau lengan panduan tabung melalui pembuluh darah ke jantung. Cardiologist kemudian melepaskan pewarna melalui kateter sementara film X-Ray dibuat untuk menghasilkan gambar bergerak dari arteri. Saat prosedur selesai, ahli jantung akan mengeluarkan kateter.

Angioplasti Koroner dilakukan setelah Ahli Jantung telah melihat Angiogram yang menunjukkan di mana arteri tersumbat. Angioplasty membuka arteri untuk mengembalikan aliran darah. Ahli jantung akan memasukkan Stent ke area penyumbatan jika diperlukan. Stent adalah tabung kawat mesh yang dapat diupgrade, berukuran sesuai dengan arteri dan sekali di tempat, Stent dapat menyediakan saluran yang lebih baik untuk aliran darah melalui arteri.

 

Dapatkan Informasi Tentang Promo RS Bunda, Silakan Masukan Email Anda :