bumil makan donatJunk food adalah istilah untuk mendeskripsikan makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung kalori berlebih atau sangat rendah kalori serta mempunyai gizi yang tidak seimbang, mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, tinggi kandungan natrium/ garam, bahan perasa/penyedap yang terlalu banyak, dan adanya pengawet.

Junk food memang banyak disukai oleh masyarakat karena praktis untuk dikonsumsi. Namun sayangnya banyak risiko ditemui dari junk food. Apalagi bagi wanita hamil,  junk food akan bermasalah bagi perkembangan janin, sampai saat proses kelahiran sang bayi mungil. Terlebih, efeknya juga akan mengganggu tumbuh kembang sang bayi hingga remaja nanti.

Mengonsumsi makanan tak sehat selama hamil tidak hanya berpotensi merugikan kesehatan ibu, tapi juga bayi. Konsumsi lemak berlebih saat hamil, dapat menyebabkan kelebihan berat badan pada bayi saat lahir. Ini biasanya akan menyulitkan proses persalinan, dan nantinya pilihan satu-satunya adalah melalui operasi caesar.

Penelitian menunjukkan, konsumsi makanan olahan berlemak menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah dan organ penting lainnya pada bayi, bahkan hingga beranjak dewasa. Anak akan mengalami peningkatan gula darah, lemak dalam darah dan penurunan sensitivitas insulin. Semunya berhubungan dengan kelebihan berat dan diabetes. Ibu hamil perlu asupan gizi yang tinggi. Hindari junk food dan mulailah konsumsi makanan yang kaya protein, zat besi, kalsium, omega-3, dan vitamin.

Jangan salah, pola makan ibu hamil juga akan menurun pada si kecil. Kebiasaan mengonsumsi junk food pada ibu akan diturunkan, sehingga anak pun akan cenderung mengalami kegemukan. Lebih jauh lagi, diketahui bahwa obesitas yang berhubungan dengan faktor genetik menjadi lebih aktif pada keturunan ibu yang suka makan makanan, khususnya untuk anak perempuan.

Menurut badan pangan dunia (FAO), bahan makanan yang sehat mengandung banyak vitamin, memiliki fungsi antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas, efek polusi, dan lain sebagainya.

Jadi Bunda, makanan yang  dimakan selama hamil, ikut menentukan makanan favorit bayi nantinya. Nah, jika ingin si anak bila besar nanti doyan makan sayur dan buah,  maka saat hamil perbanyaklah makan sayur dan buah.

Share
Leave a Reply