17 Feb 2016
Februari 17, 2016

Bedah minimal invansif, perlu kah ?

0 Comment

Bedah minimal invansif, perlu kah ?

penunjang-medis_laparascopiSaat ini tekhnologi di bidang kedokteran banyak mengalami perkembangan sehingga pelayanan di bidang kesehatan banyak mengalami kemajuan setiap tahunnya.

Hal ini tampak dibidang ilmu kedokteran khususnya di bidang Bedah.

Banyak masyarakat yang masih khawatir akan melakukan tindakan operasi untuk mengatasi keluhan kesehatannya, khawatir akan terjadi sesuatu selama proses operasi atau setelah dilakukan operasi akan menimbulkan keluhan baru, seperti masa penyembuhan serta nyeri yang lama.

Saat ini telah banyak perkembangan didalam tekhnik pembedahan sehingga dapat meminimalisir sayatan luka operasi dan jumlah perdarahan, tekhnik tersebut banyak kita kenal dengan istilah Bedah minimal Invansif.

Tekhnik Bedah minimal Invansif sangat menguntungkan dibandingkan tekhnik bedah konvensional, karena luka sayatan hanya kecil ( 1 cm ) dan lama perawatan di Rumah Sakit akan berkurang dan proses pemulihannya cepat, sehingga menekan biaya perawatan.

Di RSU Bunda Margonda, telah melakukan Tindakan Bedah Minimal Invansif dengan menggunakan Laparoscopic Harmonic untuk kasus Bedah, diantaranya kasus penyakit, usus buntu, batu kandung empedu, serta kasus penyakit tumor.

Menurut dr. A.Sigit Tjahyono, SpB, MPH, Dokter Bedah di RSU Bunda Margonda, melakukan tindakan Bedah minimal Invansif saat ini diperlukan karena banyak masyarakat yang tidak merasa nyaman jika harus menunda ritme kehidupannya hanya karena harus dirawat lama di Rumah Sakit karena keluhan penyakitnya. Sehingga hal ini , yaitu Bedah Minimal Invansif merupakan suatu hal yang merupakan produk unggulan RSU Bunda Margonda untuk memahami kebutuhan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan serta mendapatkan penanganan yang cepat tanpa perlu mencemaskan jangka waktu penyembuhan yang lama.

 

Share
Leave a Reply