12 Jan 2016
Januari 12, 2016

Diabetes

0 Comment

diabetes diabetes1

 

 

 

 

APA ITU GLUKOSA,,??

Glukosa merupakan salah satu zat yang ada dalam tubuh. Glukosa merupakan zat yang berasal dari karbohidrat yang kita konsumsi. Glukosa ini kemudian disimpan dalam bentuk glikogen di dalam hati dan otot rangka. Kadar glukosa dalam tubuh dipengaruhi oleh 3 jenis hormon, yaitu insulin, glikogen dan somatostatin. Hormon-hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar pankreas.

Tanda-tanda Dibetes, antara lain: Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, mengidap penyakit kritis tertentu, seperti hepatitis, anoreksia nervosa, atau tumor langka pada pancreas, kekurangan hormon tertentu, mengonsumsi obat anti-diabetes milik orang lain.

Jika kadar gula darah Anda rendah, tubuh akan lemas dan tidak bertenaga. Tanda-tanda yang bisa Anda rasakan adalah kulit berubah pucat, berkeringat, kelaparan, kelelahan, jantung berdebar, kesemutan di area mulut, gelisah, dan mudah marah .

Dampak yang akan Anda alami ketika kadar gula darah terlalu rendah (di bawah 40 mg/dL), antara lain: Bicara yang melantur, sulit untuk berkonsentrasi, tidak mampu berdiri atau berjalan, otot berkedut, kejang, strok, koma, dan meninggal.

Mari Cek Gula Darah Anda

Cara untuk mengetahui kadar gula darah adalah dengan melakukan tes darah. Tes ini berguna untuk memonitor kadar gula darah dalam tubuh Anda agar tidak keluar dari batas normal. Ada beberapa jenis tes gula darah yang bisa dilakukan:

  • Tes gula darah acak atau sewaktu. Tes ini bisa dilakukan kapan saja. Nilai Normal 74-106 mg/dL
  • Tes gula darah yang mengharuskan Anda puasa. Anda diharuskan puasa sepuluh sampai dua belas jam sebelum pengambilan sampel darah. Nilai Normal : 70 – 105 mg/dL
  • Tes toleransi glukosa oral (TTGO). Dalam tes ini Anda akan diberikan glukosa dalam jumlah tertentu dan dua jam kemudian, kadar gula dalam darah Anda akan diperiksa kembali..Adapun nilai normal untuk normal, GTTO Puasa : 70-105 mg/dL dan 2jam PP: < 120 mg/dL
Share
Leave a Reply