07 Des 2015
Desember 7, 2015

Pemanis Alami yang Baik Bagi Tubuh

0 Comment

gambar artikelDalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan dapat memisahkan diri dengan gula. Hampir setiap makanan dan minuman mengandung gula, meskipun jumlahnya terkadang tidak terlalu banyak. Konsumsi gula yang baik berkisar 25 gr perhari atau setara dengan 6 sendok teh. Pemanis alami tidak hanya berfungsi memberi rasa manis pada makanan, tapi juga lebih bergizi dan aman bagi kesehaan tubuh.

Berikut ini beberapa pemanis alami yang baik untuk tubuh, antara lain :
a. Madu
Sudah sejak lama madu terkenal sebagai pemanis alami yang dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Madu memiliki kandungan    glukosa sekitar 35%, sukrosa 40% dan 25% air. Madu memiliki kalori yang lebih rendah daripada gula putih dan gula pasir. Meskipun madu sangat bermanfaat, sebaiknya madu tidak dikonsumsi secara berlebihan karena madu memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi.
b. Agave Nektar
Avege nektar merupakan pemanis alami yang di ekstrak dari kaktus, seperti tanaman agave. Pemanis ini kerap digunakan untuk minuman teh herbal, limun, dan sirup. Agave nektar lebih manis daripada gula tebu dengan indek glikemik yang juga lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu. Agave memiliki konsentrasi yang fruktosa sangat tinggi dibanding glukosa yang hanya 10%.
c. Gula Kelapa
Rasanya yang sedikit karamel membuat pemanis ini digunakan untuk hidangan penutup. Gula kelapa ini terbuat dari getah yang diambil dari pohon kelapa. Gula kelapa merupakan makanan glikemik rendah, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan memecahnya menjadi glukosa.
d. Sirup Maple
Sirup maple dibuat dari getah pohon maple (Acer saccharum). Sirup maple mengandung banyak mineral seperti kalsium, potassium, fosfor, mangan, seng dan besi, serta mengandung kalori lebih sedikit daripada madu.
e. Stevia
Stevia adalah tanaman keluarga mint. Stevia memiliki tingkat kemanisan yang mencapai 200-300 kali kemanisan tebu serta rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas serta menurunkan berat badan.

Share
Leave a Reply