demo

Article

blog article

Bedah Robotik RS Bunda Tangani 200 Kasus

Sebagai rumah sakit pelopor yang mengimplementasikan teknologi Bedah Robotic (Robotic Surgery) di Indonesia sejak awal tahun 2012 lalu, RS Bunda Jakarta yang berada dibawah naungan BundaMedik Healthcare System, mencapai lebih dari 200 kasus pertama di Indonesia. Bedah Roboticdi RS Bunda Jakarta ditangani oleh tim dokter ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) RS Bunda Jakarta.
 
RS Bunda Jakarta yang mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik ditunjang dengan penyediaan fasilitas berbasis teknologi termutakhir, telah menjadi rumah sakit  yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini dengan penerapan tanggap teknologi dalam berbagai fasilitas kesehatan dan kedokteran yang dimiliki serta menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi Bedah Robotic kepada masyarakat modern Indonesia.
 
Bedah robotic adalah pembedahan yang menggunakan teknologi tangan robotic yang menjadi kepanjangan tangan dokter bedah. Tindakan ini menggunakan luka sayatan yang sangat kecil yang dihubungkan ke dokter bedah melalui serat fibreoptic ke Surgeon Console (simulator). Alat alat canggih ini tetap dioperasikan oleh dokter bedah dengan kontrol sepenuhnnya (BUKAN OLEH ROBOT).
 
Sejak diperkenalkan awal tahun 2012 lalu, teknologi Bedah Robotic telah menjadi pilihan pasien dalam melakukan proses pembedahan. Tindakan ini efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi luka sayatan (kosmetik), meningkatkan ketepatan dan akurasi yang tinggisehingga memberikan hasil operasi yang optimal.
 
Selain itu, masih banyak keuntungan dari Bedah Robotic lainnya yang dapat dinikmati pasien antara lain dapat mengurangi resiko cedera yang terjadi, memberikan kemudahan untuk dokter bedah memastikan adanya kesulitan, serta dapat mencakup daerah-daerah yang sulit terlihat dan meminimalkan trauma paska operasi.
 
Rasa nyeri yang minimal dan pemulihan yang sangat cepat menjadikan bedah robotic sebagai alasan memilih bagi para pasein selama ini. Hal ini terbukti dengan masa pulih yang sangat cepat untuk operasi operasi yang relatif kompleks selama ini. Meskipun teknologi Bedah Robotic belum dapat dipergunakan pada semua proses operasi terkait biaya, namun teknologi Bedah Robotic terbukti efektif dan tepat dipergunakan pada kasus-kasus yang kompleks seperti operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim dan pembedahan usus.
 
Pembedahan robotic di RS Bunda selama ini menunjukan rata rata kepuasan terhadap outcome baik dari sisi pasien maupun dari sisi dokter bedah. Tetapi perlu di ingat bahwa tidak ada jaminan sepenuhnya untuk keberhasilan operasi robotic apalagi bila dilakukan pada operasi yang beresiko tinggi. Resiko dan komplikasi operasi akan selalu ada dalam setiap tindakan medis. Diharapkan dengan pembedahan robotic ini resiko tersebut dapat di minimalisir.
 
Di awal perjalanannya meskipun belum banyak yang mengetahui keuntungan dari Bedah Robotictersebut, namun dengan menerapkan strategi pengenalan dan pemahaman terhadap Bedah Robotic secara intensif kepada para pasien serta pelatihan terpadu kepada tim dokter ARMIS yang dilakukan oleh RS Bunda Jakarta akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan, dengan mulai tingginya kesadaran pasien bedah yang mempercayakan operasi bedahnya menggunakan Bedah Robotic sebagai alternatif terbaik dalam mengurangi resiko operasi.
 
Hanya dalam kurun waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 5 tahun ini, RS Bunda Jakarta mencapai lebih dari 200 kasus pertama BedahRobotic. “Tentunya ini merupakan prestasi yang sangat menggembirakan bagi kami. Sebagai pusat pelayanan yang memiliki misi dan visi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik, RS Bunda Jakarta selalu mengedepankan fasilitas berbasis teknologi mutakhir yang memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan teknologi yang sudah out of date. Memang tugas kami, para tenaga kesehatan dan kedokteran untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan jasa kesehatan dan kedokteran yang memberikan manfaat terbaik bagi para pasien”.
 
RS Bunda Jakarta menjadi alternatif bagi pasien bedah yang ingin melakukan Bedah Robotic untuk melakukannya di dalam negeri saja karena lebih hemat biaya disamping itu juga turut membantu program pemerintah mengenai Medical Tourism yang tengah gencar di promosikan. “Kami percaya bahwa Indonesia memiliki kualitas tenaga kesehatan dan kedokteran serta fasilitas yang tak kalah dari negara-negara lain. Untuk itu kami himbau kepada seluruh masyarakat sebagai warga negara Indonesia yang baik, seyogyanya turut mendukung program pemerintah untuk mempercayakan proses medik apa pun bentuknya kepada rumah sakit yang ada di Indonesia. Dan di RS Bunda Jakarta sendiri, kami menawarkan pelayanan terbaik ditunjang dengan teknologi terkini dengan biaya yang lebih hemat dibanding dengan biaya di rumah sakit negara-negara tetangga.
 
Biaya operasi dengan robot ini memang mahal, namun melalui keuntungan diilakukannya operasi dengan robotic surgery sangat sesuai dengan harganya. Untuk biaya Bedah Robotic yang ditawarkan RS Bunda Jakarta jauh lebih murah dengan perkiraan 40 % dari biaya di beberapa rumah sakit negara tetangga misalnya Singapura dan Malaysia. Dan sebagai suatu kebanggaan RS Bunda Jakarta dengan pencapaian 200 pasien robotic surgery Indonesia.
 
Dengan pencapaian 200 pasien robotic surgery di Indonesia, maka RS Bunda ” oleh Mr.Peter Barton-Smith MBBS MD MRCOG ( United Kingdom) & Dr Ivan R Sini,MD Franzcog  GDRM MMIS SpOG, yang diadakan pada tanggal 5 Mei 2017 di Ruang Multi Guna RSIA Bunda Jakarta, yang dihadiri para tenaga medis yang ingin mengenal lebih dalam mengenai operasi dengan robot tersebut

Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.