News

Tips Puasa Sehat dan Produktif

blog article

Perubahan pola makan di bulan Ramadhan, yang biasanya tiga kali sehari menjadi dua kali yaitu saat sahur dan berbuka, tidak sedikit yang merasakan lemas dehidrasi bahkan sampai terbaring sakit.

Yuk #sahabatbunda ikuti 8  tips berikuit agar Ramadhan kali ini meski sedang berpuasa tapi kita bisa tetap produktif dan sehat.

1. Wajib sahur!

Cara paling mudah untuk tetap menjaga tubuh tetap fit saat puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur. Sahur sebagai pengganti sarapan adalah bagian terpenting untuk mengganti asupan energi dalam satu hari. Makanlah sahur secara benar, Tidak perlu dalam jumlah yang banyak tapi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, & mineral.

 2. Pilih Jenis Makanan yang Lebih Kompleks

Agar mampu menahan rasa lapar lebih panjang, perbanyak konsumsi jenis makanan yang lebih kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, atau makanan berserat seperti sayur dan buah.

 3.   Hidrasi 2 - 4 - 2

Jaga hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air mineral menggunakan pola 2 - 4 - ­2, yaitu 2 gelas air mineral saat berbuka, 4 gelas air mineral saat makan malam, dan 2 gelas air mineral saat sahur.

 4. Makan Secukupnya

Banyak orang yang menggunakan waktu berbuka menjadi waktu makan sebanyak banyaknya padahal langsung menyantap makanan secara banyak akan membuat perut cepat kembung dan begah. Berbuka hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu buru. Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi minuman hangat dan makanan ringan. Selang beberapa saat baru mulai dengan makanan besar.

5. Cegah Kembung dan Sakit Perut

Hindari sahur atau berbuka dengan makanan cepat saji, asam, pedas, dan bersoda. Usahakan jangan langsung tidur kembali sesaat setelah sahur agar tubuh dapat memiliki waktu untuk mencerna makanan lebih baik.

 6.Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Slogan “Berbuka dengan yang Manis” memang penting untuk menormalkan kembali kadar gula darah namun perlu diperhatikan apabila makanan dan minuman manis yang kita konsumsi secara rutin di Bulan Ramadhan justru akan menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

 7. Tetap Berolahraga

Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging setelah berbuka puasa tetap dapat dilakukan.

 8. Jaga Pola Tidur dan Istirahat

Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya apabila bagi yang bertugas untuk menyiapkan kebutuhan sahur di pagi hari. Kurangnya istirahat dan pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan produktivitas kerja menjadi melambat.

Jika ada keluhan mengenai kesehatan selama bulan Ramadhan segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

dr. Nabila Audi, M.Psi ( T ) – BIC Clinic Vida Bekasi

 

#savinglivewithbunda #bicvidabekasi #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.