News

Endoscopy Pada Anak

blog article

Endoskopi adalah suatu prosedur medis untuk mengamati bagian dalam tubuh (dalam hal ini saluran cerna) tanpa operasi, dan merupakan alat penunjang canggih yang digunakan untuk menegakkan diagnosis dan mengobati kelainan / penyakit saluran cerna atas maupun saluran cerna bawah secara modern.

 Apa Kegunaan Pemeriksaan Endoskopi Saluran Cerna ?

Endoskopi sangat bermanfaat untuk mengetahui keadaan bagian dalam saluran cerna (luka, peradangan, daging tumbuh, kelainan bentuk saluran cerna, dll.) dan dapat digunakan untuk mengambil contoh jaringan bagian dalam (biopsi) guna pemeriksaan lebih lanjut.

Endoskopi saluran cerna dapat juga mendeteksi kanker dini atau membedakan antara lesi kanker dengan bukan kanker melalui biopsi pada tempat yang dicurigai.

Terlebih lagi, dengan kemajuan teknologi saat ini, endoskopi banyak digunakan untuk memberikan intervensi medis tanpa harus melalui pembedahan, misalnya menghentikan perdarahan saluran cerna, melebarkan saluran cerna yang sempit, mengangkat polip (daging tumbuh), memasang akses makan melalui lambung untuk anak yang memerlukan pemasangan selang makan ke lambung (NGT) dalam waktu sangat panjang, maupun mengambil benda asing yang tertelan oleh anak.

 Apakah anak akan merasa sakit saat diendoskopi?

Tidak. Beberapa saat sebelum dilakukan endoskopi, anak akan diberikan obat bius ringan sehingga tertidur. Anak tidak akan merasa sakit dan tidak ingat saat diendoskopi.

Kapan endoskopi perlu dilakukan?

Ada beberapa alasan kenapa anak memerlukan tindakan endoskopi. Misalnya:

  1. Nyeri ulu hati yang berulang atau sudah berlangsung lama dan kurang responsif dengan pengobatan
  2. Sakit perut yang sudah berlangsung lama
  3. Anak kesulitan menelan.
  4. Sembelit yang berat dan berlangsung lama.
  5. Anak dengan muntah darah atau terdapat darah saat buang air besar.
  6. Anak dengan kembung berulang atau mual dan muntah berulang
  7. Tertelan benda asing seperti koin, liontin, kelereng, mainan, jarum pentul, dll.

 Apa yang harus diperhatikan sebelum endoskopi?

Beberapa jam sebelum endoskopi, anak akan diminta puasa. Informasikan kepada dokter jika anak Anda mempunyai alergi terhadap obat-obatan tertentu, sedang minum obat-obatan terutama aspirin, atau mempunyai masalah jantung atau paru-paru.

 Bagaimana prosedur endoskopi?

Setelah anak tertidur dan dipastikan keadaannya stabil, pada evaluasi saluran cerna atas mulut akan disemprot spray antinyeri, kemudian endoskop akan dimasukkan melalui mulut dan perlahan-lahan dimasukkan sampai ke tenggorokan, lambung, dan usus dua belas jari. Endoskop tidak mempengaruhi nafas anak.

Pada evaluasi saluran cerna bawah,  endoskop dimasukkan melalui lubang anus, berlanjut ke usus besar, hingga mencapai bagian akhir usus halus.

Gambaran saluran cerna anak akan terlihat lewat monitor di samping dokter. Dokter mungkin akan mengambil sedikit jaringan pada saluran cerna jika diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Berapa lama prosedur endoskopi ini berlangsung?

Lamanya endoskopi tergantung pada kasus anak dan bentuk saluran cerna. Namun secara umum, endoskopi atas memerlukan waktu sekitar 10-15 menit dan endoskopi bawah 30–45 menit.

 Setelah selesai, bolehkan anak langsung dibawa pulang?

Setelah proses endoskopi selesai, anak akan dibawa ke ruangan untuk menunggu anak sadar. Biasanya, anak membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk sadar kembali, dan sampai dengan 30 menit hingga benar-benar bangun. Setelah itu, anak dapat makan dan minum seperti biasa kecuali apabila ada tindakan khusus yang membuat makan perlu ditunda sedikit lagi. Diskusikan dengan dokter apakah anak perlu dirawat lebih lanjut atau bisa langsung pulang. Hasil endoskopi bisa langsung didapatkan, dan hasil pemeriksaan jaringan memerlukan waktu beberapa hari jika dokter mengambil sampel biopsi.

 Apa yang harus diperhatikan setelah endoskopi?

Umumnya jarang terjadi masalah setelah tindakan endoskopi, namun hubungi dokter apabila anak masih merasa nyeri pada tenggorokan, demam, kembung berlebihan, atau ada darah yang keluar dari mulut maupun anus.

DR. dr. Ariani Dewi Widodo, SpA (K) - RSIA Bunda Jakarta


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.