News

Minum Air ES Saat Hamil, Membuat Bayi Lahir Terlalu Besar ?

blog article

Minum Air Es saat Hamil Bisa Bikin Bayi Lahir Terlalu Besar, Mitos atau Fakta?

Kebanyakan ibu hamil selalu merasa gerah dan ingin sekali minum air dingin. Kondisi ini normal terjadi disebabkan perubahan hormon pada ibu hamil membuat suhu tubuh tinggi. Namun seringkali kebanyakan ibu hamil dilarang meminum air dingin oleh orang orang disekitarnya karena takut bayi dalam kandungan menjadi besar sehingga sulit melahirkan. 

Faktanya tidak ada hubungannya antara ibu hamil yang meminum air dingin dengan ukuran bayi. Bukan es atau airnya, melainkan campuran apa yang ada di cairan itu. Sebab yang menjadi permasalahannya adalah kalori yang terdapat pada campurannya, seperti sirup, teh manis, dan minuman soda. Tentunya air es lebih disukai diminum bersama sirup yang manis, namun jika dikonsumsi secara terus-menerus, bisa meningkatkan risiko diabetes pada ibu. Nah, jika gula darah ibu terlalu tinggi maka akan membuat janin terlalu besar sehingga bisa lahir lebih cepat atau harus dilahirkan dengan cara caesar.

Ibu hamil boleh saja meminum air dingin, namun dianjurkan untuk tidak terlalu sering. Karena mengkonsumsi air dingin membuat tubuh harus lebih banyak membakar lemak atau kalori. Hal ini mengakibatkan suhu tubuh naik saat mencerna air dingin. Sehingga ibu hamil akan kekurangan kalori dan mudah merasa lelah.

dr. Reino Rambey, SpOG - RSIA Bunda Jakarta


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

#savingliveswithbunda #rsiabundajakarta #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.