RSIA Citra Ananda

News

Painless Labor (persalinan dengan minimal rasa nyeri)

blog article

Proses persalinan normal merupakan peristiwa yang membahagiakan namun cukup membuat para Bunda hamil khawatir menghadapi rasa sakit yang akan dialami. Namun rasa sakit ini dapat dikurangi dengan metodeILA (Intratechal Labor Analgesia) atau dengan ELA (Epidural Labor Analgesia). Persalinan normal melalui metode ini tidak hanya melibatkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan namun juga Dokter Spesialis Anestesi.


Bagaimana prosedur persalinan dengan ILA/ ELA?

Pembiusan untuk mengurangi rasa sakit ini dilakukan ketika Bunda mengalami kontraksi dan sudah ada pembukaan jalan lahir.ILA diberikan dengan menyuntikkan obat penghilang rasa nyeri ke dalam ruang subarakhnoid di tulang belakang bagian bawah. ELA adalah penyuntikan obat melalui selang kecil yang di tempatkan dalam rongga epidural di tulang belakang bagian bawah. Setelah obat disuntikkan Bunda tetap sadar dan rasa nyeri menjadi minim di bagian perut ke bawah. Namun, Bunda tidak perlu khawatir, meskipun demikian Bunda tetap bisa mengedan sesuai instruksi Dokter dan persalinan akan berlangsung seperti persalinan normal biasa.


Kelebihan melahirkan dengan ILA/ ELA ?

Persalinan dengan ILA/ ELA memberikan rasa nyaman ketika mengedan karena berkurangnya rasa sakit saat proses persalinan berlangsung. Pemberian ASI untuk bayi dapat langsung diberikan segera setelah persalinan. Proses pemulihan lebih cepat dibandingkan melalui operasi Caesar karena persalinan normal dapat tetap dilakukan melalui vagina. Selain itu, efek samping minimal selama dilakukan sesuai prosedur dan instruksi dari Dokter.


RSIA Citra Ananda menyediakan layanan persalinan dengan nyeri minimal menggunakan metode ILA/ELA. Jika Bunda ingin memilih persalinan dengan cara ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Bunda agar dapat sesuai dengan kondisi Bunda dan Bayi.

dr. Diana Fitria, SpAn - RSIA Citra Ananda

 

(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.