RSIA Citra Ananda

News

Kenali Stunting pada Anak Bunda

blog article

Saat ini beberapa Bunda yang datang berobat seringkali menanyakan, “apakah anak saya stunting, Dok?”

Hal ini adalah pertanda bagus, berarti Bunda sudah udah mulai “aware” mengenai stunting pada anak.

Nah,sebenarnya apa sih stunting itu?

Short staturedan stunting adalah dua istilah yang terjemahan dalam dalam Bahasa Indonesia sama, artinya sama-sama perawakan pendek.

Istilah short stature kita gunakan bila saat kita memplot tinggi badan anak dalam kurva sesuai usianya, didapatkan plot TB anak berada dibawah -2 standar deviasi (SD) atau dibawah persentil 3. (bisa didiskusikan lebih lanjut dengan Spesialis Anak Bunda).

Nah kapan anak dengan perawakan pendek disebut stunting?

Bila perawakan pendek ini disebabkan karena faktor lingkungan terutama disebabkan nutrisi. Masalah nutrisi yang dimaksud disini adalah asupan nutrisi tidak cukup, baik secara kuantitas ataupun kualitas/ragam. Bisa juga karena faktor lingkungan lain misalnya penyakit infeksi berulang, atau asuhan kesehatan yang buruk. 

Beberapa faktor penyebab stunting di Indonesia menyebabkan negara kita menduduki urutan ke-5 teratas di dunia (sebanyak 37% balita di Indonesia mengalami stunting). Padahal stunting itu memiliki dampak jangka panjang yang buruk untuk anak, yaitu menganggu perkembangan otak anak, IQ rendah, hingga dapat menurukan prestasi belajar anak.

Stunting seringkali mulai terjadi sejak fase peralihan dari ASI menjadi MPASI. Mengapa? Karena protein yang terkandung dari ASI sudah mulai turun saat usia 6 bulan, sedangkan protein dibutuhkan untuk mencegah stunting. Pemberian MPASI yang tepat diperlukan untuk melengkapi kekurangan zat gizi ASI. Sumber protein yang dibutuhkan adalah yang memenuhi semua asam amino esensial. Persyaratan ini terpenuhi dari sumber protein hewani, Oleh karena itu jangan ragu mulailah MPASI ketika anak berusia 6 bulan dengan asupan protein hewani yang cukup secara kuantitas dan kualitas.

Dan jangan lupa Pemeriksaan rutin ke dokter Spesialis Anak Bunda agar stunting dapat dicegah sejak kenaikan berat badan anak Anda kurang ideal. Kenapa? Karena stunting hampir selalu didahului oleh periode weight faltering (kenaikan berat badan yang terhambat). 

dr. Dewi Kartika, SpA - RSIA Citra Ananda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.