RSIA Citra Ananda

News

Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak

blog article

Tahukah bunda bahwa bicara merupakan kemampuan anak yang seringkali sangat ditunggu baik oleh orangtua maupun dokter anak. Kemampuan bicara seorang bayi/anak dapat membantu memprediksikan kecerdasan anak secara keseluruhan.

Bahasa terdiri dari berbagai macam simbol yang bertujuan menyimpan atau mengirimkan informasi dari seseorang kepada orang lain di sekitarnya. Kemampuan berbahasa dapat memcerminkan kemampuan mendengar dan kemampuan mengerti/memahami suatu pembicaraan. Bahasa bukan hanya dapat diamati dalam bentuk kemampuan berbicara tetapi juga dapat dilihat dalam bentuk visual. Misalnya, kita mampu memahami mimik seorang bayi yang sedang gembira, marah, atau sedang takut.

Tahapan berbicara seorang bayi/anak meliputi :

  • Bahasa visual, yaitu cara seorang bayi menyampaikan keinginan atau apa yang dirasakannya melalui ekspresi wajah. Bahasa visual penting untuk diperhatikan karena timbul pada usia sangat dini.
  • Bahasa Reseptif, yaitu bagaimana seorang bayi/anak memahami apa yang disampaikan oleh orang lain.
  • Bahasa Ekspresif, yaitu bahasa yang sehari-hari kita anggap sebagai berbicara yang sesungguhnya. Sebelum tiba di bahasa ekspresif, semestinya seorang anak sudah menguasai dulu bahasa visual dan reseptif. 


dr. Tiwi, SpA, MARS - RSIA Citra Ananda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.