News

Apa itu TB Tulang Belakang ?

Selama ini yang sering kita dengar adalah TBC paru. Ternyata TB yang merupakan kependekan dari tuberkulosis, tidak hanya menyerang paru-paru Anda saja lho, namun juga bisa menyebar dan menyerang tulang. 

TBC atau tuberkulosis (TB) tulang belakang dikenal juga dengan nama penyakit Pott, yaitu tuberkulosis yang terjadi di luar paru-paru, di mana menjangkiti tulang belakang. Penyakit ini umumnya menginfeksi tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas.

TBC tulang belakang terjadi akibat menyebarnya bakteri tuberkulosis dari paru-paru ke tulang belakang hingga ke keping/sendi yang ada di antara tulang belakang. Kondisi ini menyebabkan matinya jaringan sendi dan memicu kerusakan pada tulang belakang.

Seperti halnya tuberkulosis, keberadaan TBC tulang belakang sulit dideteksi. Pada umumnya, pasien mengalami nyeri punggung kronis yang tidak diketahui penyebabnya. Maka dari itu, dokter mengalami kesulitan untuk mendiagnosis. Kondisi semacam ini bisa berlangsung sekitar empat bulan. 

Jika Anda merasakan ada keluhan terhadap tulang belakang Anda seperti ganguan makan, pembengkakan atau muncul tonjolan pada tulang punggung, segera konsultasikan dengan Tim Dokter terbaik kami di Bunda Brain and Spine Center.

dr. M. Wawan Mulyawan, SpBS(K) – RSU Bunda Jakarta


#savingliveswithbunda #rsubundajakarta #rsbundagrup #bmhs1973



Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.