News

Sibak NICU RSU Bunda Margonda

Kadangkala pada beberapa bayi mengalami kesulitan transisi setelah lahir, baik pada bayi cukup bulan maupun bayi kurang bulan. Beberapa bayi ini membutuhkan perawatan khusus, yaitu perawatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Neonatal Intensive Care Unit (NICU) adalah unit di rumah sakit yang ditangani tim yang terdiri dari dokter dan perawat terlatih dalam merawat bayi baru lahir hingga umur 30 hari dengan kebutuhan khusus. Perawatan di NICU meliputi pelayanan medis, perawatan yang menunjang perkembangan bayi serta menjalin komunikasi dan support orangtua. Alat-alat penunjang yang ada di NICU antara lain, Inkubator dan penghangat bayi (infant warmer) untuk menjaga agar bayi tetap hangat sehingga suhu tubuhnya terjaga stabil.

Monitor berfungsi memantau antara lain denyut jantung, tekanan darah, laju napas, kadar oksigen bayi.

Blue light atau sinar biru digunakan untuk fototerapi pada bayi dengan kadar bilirubin tertentu yang terindikasi.

Continues Positive Airway Pressure (CPAP). Alat bantu nafas CPAP merupakan alat yang menghantarkan udara bertekanan ke paru-paru bayi melalui tube kecil yang dipasang di hidung bayi.

Ventilator atau respirator adalah mesin napas mekanik yang menghantarkan udara hangat dan lembab ke paru-paru bayi.

Intravenous (iv) line (infus jalur intravena) Sebagian besar bayi prematur dan sakit tidak dapat segera minum, sehingga mereka harus menerima nutrisi dan cairan melalui pembuluh darah vena. Selang infus dihubungkan pompa infus. Bayi juga dapat menerima obat dan transfusi darah melalui jalur intravena. Pada kondisi tertentu bisa dipasang jalur sentral melalui pembuluh darah vena (Peripherally Inserted Central Catheter/ PICC).

Nutrisi, Salah satu penunjang yang penting adalah nutrisi. Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi karena membantu melindungi dari infeksi. Di NICU pengelolaan dan pemberian ASI akan dibantu perawat dan konsultan laktasi. Bila bayi karena sesuatu hal membutuhkan nutrisi dan cairan melalui infus, maka kandungan infuse yang ada harus memenuhi semua kebutuhan yang diperlukan. Penyiapan infus sebagai penunjang nutrisi dan cairan perlu dalam kondisi steril. Demikian pula dalam penyiapan obat-obatan yang diperlukan harus dalam kondisi yang sama.

NICU RSU Bunda Margonda memiliki ruangan khusus steril (iv admixture). Penyiapan infus cairan dan nutrisi serta penyiapan obat- obatan dikerjakan oleh tenaga terlatih dari bagian farmasi.

NICU RSU Bunda Margonda dilengkapi dengan High-efficiency particulate air (HEPA) filter. Lingkungan perawatan dalam ruangan bersih adalah salah satu kualitas program lingkungan perawatan dan salahsatu komponen kunci program ini adalah instalasi dan pemeliharaan filter udara.

HEPA filter adalah penyaring udara yang didesain khusus agar aliran udara dapat tersaring dengan baik, udara yang dialirkan steril. Filtrasi udara diharapkan menyingkirkan partikel- partikel kontaminan. Lingkungan perawatan dalam ruangan dengan udara yang bersih mencegah pasien dari transmisi kontaminan infeksius melalui udara. Pemeriksaan penunjang antara lain pemeriksaan sinar X, USG dikerjakan di NICU.

Bayi prematur dan bayi sakit sangat hipersensitif terhadap lingkungan sehingga lingkungan NICU dijaga tenang dan pengurangan cahaya untuk meminimalisasi stres dan menunjang perkembangan bayi. Antara lain lampu yang diatur penyalaannya, waktu-waktu tertentu untuk memegang bayi, pemasangan kain penutup inkubator serta suport untuk perawatan kanguru melalui kontak kulit dengan kulit untuk menjaga bayi tetap tenang saat bayi sudah stabil.

Sebelum bayi pulang dari NICU, tim dari NICU akan mendiskusikan dengan orang tua sesuai kondisi masing-masing bayi untuk kesiapan perawatan di rumah dan rencana follow-up.

Tingkatan, NICU memiliki tingkat perawatan.Tingkat I, perawatan bayi baru lahir dengan risiko rendah, Tingkat II  bayi baru lahir dengan risiko tinggi dan tingkat III semua bayi bermasalah yang memerlukan tindakan khusus. seperti perawatan dengan ventilasi mekanik (ventilator), dan lain-lain

Sumber : Dr. Desiana Nurhayati, SpA (K) – RSU Bunda Margonda


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.