News

Nyeri Sendi Panggul saat Hamil

blog article

Pelvic Girdle Pain ( PGP ) disebut juga Sacroiliac Joint Pain, merupakan nyeri sendi panggul saat hamil. Umumnya nyeri dirasakan mulai dari tulang ekor dan seringkali menjalar ke daerah bokong.

Adanya produksi hormon relaksin saat kehamilan yang berfungsi untuk melemaskan / melenturkan ligamen, jaringan penghubung antar sendi sebagai persiapan tubuh ibu saat proses kelahiran. Efeknya jaringan antar sendi akan melunak dan membuat pergerakan antar sendi menjadi lebih sensitif dan akhirnya menyebabkan nyeri. 

Nyeri ini sering dirasakan terutama ketika menggeser tubuh, membungkuk atau ketika bangkit dari duduk/berbaring bahkan saat tubuh sedikit miring, beberapa kasus berat kadang mengalami kesulitan Berjalan.

Keluhan ini diderita 1 dari 5 ibu hamil dan 5-8 % wanita yang mengalami PGP ini berkembang menjadi berat.

PGP bisa dialami mulai trimester awal kehamilan sampai saat akan persalinan. Adapun beberapa faktor resiko untuk terjadinya PGP ini diantaranya riwayat PGP di kehamilan sebelumnya, riwayat trauma panggul, obesitas sebelum atau ketika hamil, multiparitas serta pekerjaan berat. 
Walaupun hal ini umum dialami ibu hamil, namun jika nyeri drasakan terus menerus dengan intensitas yang semakin kuat maka hal tersebut tidak normal dan sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter kandungan.


dr. Selly Septiana, SpOG – RSU Bunda Margonda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

#savingliveswithbunda #rsubundamargonda #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.