News

Perawatan Saluran Akar Gigi

blog article

Perawatan saluran akar gigi dilakukan apabila terjadi infeksi atau radang. Penyebabnya karena beberapa faktor yaitu karies/lubang, tambalan pecah yang dibiarkan, tambalan yang terlalu dalam, gigi patah/fraktur, peradangan dari gusi. Tanda-tanda kerusakan jaringan pulpa biasanya terjadi nyeri spontan, sakit yang berlangsung lama, warna gigi yang berubah, pembengkakan gusi atau tanpa keluhan. Jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada tulang peyangga gigi.


Dengan diagnosa yang dilakukan dengan pemeriksaan penunjang seperti ro dental. Gigi yang terinfeksi bisa dipertahankan dengan cara perawatan saluran akar. Sesudah perawatan saluran akar gigi, gigi menjadi non vital namun masih ada jaringan vital disekeliling gigi seperti gusi, jaringan penyangga gigi& tulang. Tujuan perawatan saluran akar adalah gigi yang telat dirawat dapat digunakan kembalu fungsinya.

Bagaimana perawatan saluran akar dilakukan?

  1. Pengambilan jaringan pulpa yang terinfeksi
  2. Dengan instrumen endo, saluran akar dibersihkan& dibentuk agar bisa diisi dengan bahan pengisi saluran akar.
  3. Tambalan sesudah perawatan saluran akar dapat berupa resin komposit, crown dengan  pasak/tanpa pasak.

Perawatan saluran akar selain memperbaiki fungsi kunyah juga dapat mengembalikan estetik gigi sehingga senyum sehat anda akan lebih terlihat.

drg. Sukainah, SpKG – RSU Bunda Margonda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

#savingliveswithbunda #rsubundamargonda #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.