News

Manfaat dan Kandungan ASI untuk Bayi

blog article

ASI  adalah makanan terbaik untuk bayi. ASI akan mencegah malnutrisi karena asi mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan bayi dengan tepat, mudah digunakan secara efisien oleh tubuh bayi dan melindungi bayi terhadap infeksi. Kira-kira selama tahun pertama kehidupannya, system kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang dan tidak bias melawan infeksi seperti halnya anak yang lebih besar atau orang dewasa, oleh karena itu zat kekebalan yang terkandung dalam asi sangat berguna.

Komposisi ASI tidak selalu sama, disesuaikan dengan kebutuhan bayi setiap saat. Komposisi ASI akan bervariasi tergantung usia bayi, sehingga ada yang disebut kolostrum, ASI peralihan dan ASI matur. Komposisi ASI juga bervariasi dari awal hingga akhir menyusui. Foremilk ( ASI awal) adalah ASI bening yang diproduksi pada awal penyusuan. Foremilk banyak mengandung laktosa dan protein. Hindmilk (ASI akhir) adalah asi yang lebih putih pekat, di produksi pada akhir penyusuan. Hindmilk banyak mengandung lemak yang sangat diperlukan sebagai sumber tenaga dan pembentukan otak.

ASI merupakan larutan kompleks yang mengandung karbohidrat (laktosa, oligosakarida, glikopeptida, factor bifidus), lemak (vitamin larut dalam lemak –A, D, E, K-, karotenoid asam lemak, fosfolipid, sterol dan hidrokarbon, trigliserida) dan protein (laktabumin, laktoglobulin, kasein, enzim, growth factor, hormone, laktoferin, lisozim, slgA dan immunoglobulin lain), nitrogen non protein (amino nitrogen, keratin. Kreatinin, glukosamin, asam nukleat, nukleotida, poliamin, urea, asam urat) serta vitamin dan kandungan air lainnya. Sehingga dapat dimengerti dengan mendapatkan ASI, bayi mendapatkan kekebalan terhadap berbagai penyakit seperti radang paru-paru, radang telinga, diare, dan juga mengurangi resiko alergi.

dr. Dyah Istikowati, SpA – RSU Bunda Margonda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.