RS Bunda Group

Berita & Artikel

Apa Manfaat Latihan Fisik Selama Kehamilan?

  • Beranda
  • Apa Manfaat Latihan Fisik Selama Kehamilan?

Selama kehamilan, terjadi perubahan tubuh secara anatomi, fisiologi, dan psikologis. Hal ini terutama diakibatkan oleh perubahan hormonal yang kemudian mempengaruhi sistem organ lainnya.  Pada saat kehamilan, aktifitas fisik yang biasa dilakukan hendaknya tetap dilakukan sesuai dengan kondisi kehamilannya.

Manfaat senam hamil bagi ibu diantaranya mempertahankan kemampuan fisik sebelum kehamilan, memperkuat otot tubuh, mengurangi keluhan yang timbul pada waktu kehamilan, relaksasi, mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan.

Manfaat senam hamil bagi janin antara lain meningkatkan pertumbuhan plasenta dan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan normal.

Latihan fisik yang dilakukan selama kehamilan dan nifas harus dengan pertimbangan medis yang tepat, prinsip aman dan member manfaat optimal. Sehingga dapat meningkatkan kondisi fisik ibu yang menurun selama kehamilan dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Program latihan fisikpada trimester 1 bertujuan mempertahankan daya tahan jantungparu agar tidak menurun selama kehamilan. Hindarilatihan yang bersifat body contact.

Pada trimester 2 latihan fisik selain bertujuan mempertahankan daya tahan jantung paru juga untuk meningkatkan kekuatan otot perut, dasar panggul dan tungkai.

Dan pada trimester 3 bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot pernapasan, punggung dan dasar panggul. Sedangkan tujuan latihan fisik pada masa nifas bertujuan untuk mempercepat pemulihan kondisi tubuh ibu dan mengembalikan daya tahan jantung-paru, ke keadaan sebelum hamil.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai latihan fisik adalah melakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui ada-tidaknya kontraindikasi. Meminta persetujuan tertulis atas tindakan yang akan dilakukan ibu hamil dalam program latihan fisik. Dan selalu memeriksakan kehamilan secara teratur sebagai pemantauan untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan.

Kegiatan senam hamil yang di selenggarakan di RSIA Bunda Jakarta salah satu bentuk kepedulian RSIA Bunda Jakarta dalam mengoptimalkan kesehatan Ibu dan bayi khususnya.

Kegiatan ini di selenggarakan dalam kurun waktu satu minggu sekali di hari sabtu pkl. 09.00 – 11.00, Sahabat bunda dapat mengajak pasangan dengan tujuan suami dapat membantu pada saat  melakukan latihan fisik di rumah, selain itu juga dapat membentuk bonding yang kuat antara sahabat bunda dan pasangan dalam menjalani masa kehamilan yang sehat.

Bagikan Artikel Ini: