RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pemerataan Jaringan Rumah Sakit untuk Kualitas Layanan Kesehatan Indonesia

  • Beranda
  • Pemerataan Jaringan Rumah Sakit untuk Kualitas Layanan Kesehatan Indonesia
pemerataan-layanan-untuk-kesehatan-indonesia-rs-bunda-group

Dari hasil studi seperti dilakukan oleh The Indonesian Institute, menerangkan bahwa masih ada beberapa masalah besar terkait layanan kesehatan Indonesia. Masalah ini meliputi persoalan infrastruktur, distribusi, dan pendanaan.

Baca Juga: Bundamedik Merambah Palembang, Penuhi Komitmen Akuisisi Rumah Sakit

Hingga saat ini masih ada ribuan layanan kesehatan di Indonesia yang masih belum merata dan kurang memadai, terutama dari fasilitas puskesmas dan rumah sakit. Sebagian besar yang memiliki fasilitas memadai hanya tersedia di kota-kota besar saja.

Persoalan tersebut terjadi karena masih banyak juga masyarakat yang tinggal di daerah pelosok sehingga sulit menjangkau pelayanan kesehatan. Ditambah lagi dengan distribusi tenaga kesehatan memadai yang masih jauh dari kata merata.

Tidak sedikit fasilitas kesehatan di daerah belum dilengkapi dengan tenaga medis spesialis. Dari data terbaru, lebih dari 50% dokter spesialis hanya tersedia di rumah sakit di Jakarta. Sementara daerah Indonesia Timur hanya 1-3% saja.

Kendala lainnya berkaitan dengan pendanaan dimana untuk urusan kesehatan Indonesia, pemerintah hanya menganggarkan kurang dari 10%.

Upaya Pemerintah Memberikan Pelayanan Kesehatan Indonesia Berkesinambungan

Kini pemerintah terus melakukan upaya-upaya dalam memperbaiki pelayanan kesehatan Indonesia agar lebih optimal dan berkesinambungan. Terutama terkait dengan perbaikan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui rasionalisasi manfaat program, penerapan satu kelas rawat, dan penyederhanaan tarif pelayanan.

Salah satu upaya untuk merealisasikan program tersebut yakni memberikan penguatan JKN dengan skema yang bersifat wajib. Masyarakat diwajibkan untuk membayar iuran asuransi kesehatan, sementara bagi masyarakat tidak mampu akan dibayarkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Bundamedik Kembali Berekspansi, Kini Dirikan Rumah Sakit Bergengsi di Bekasi

Pemerintah juga tengah melakukan ulasan jejak iuran, manfaat, serta tarif layanannya secara konsisten. Perlu adanya peninjauan kembali untuk mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan, kemampuan membayar, inflasi serta potensi perbaikan program.

Hingga saat ini pemerintah memang selalu berusaha bertanggung jawab terhadap kekurangan dana JKN. Namun kedepannya program JKN harus didukung dengan prinsip gotong royong agar lebih berkesinambungan.

Permasalahan terkait dana tersebut menjadi faktor penting karena memberikan pengaruh paling signifikan terhadap pemerataan jaringan rumah sakit dan kualitas layanan kesehatan Indonesia.

Ditambah lagi kenyataan bahwa belum semua faskes bersedia menjadi rujukan bagi peserta JKN. Masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal juga belum memahami betul tentang skema program Jaminan Kesehatan Nasional.

BMHS, Jaringan Pelayanan Kesehatan yang Berdedikasi

Melihat pentingnya pelayanan kesehatan Indonesia yang memadai, BMHS (Bundamedik Healthcare System) hadir untuk memenuhi kebutuhan medis masyarakat. Saat ini masyarakat mulai membutuhkan pelayanan medis yang telah terintegrasi gaya hidup sehat.

Baca Juga: BMHS Luncurkan Logo dan Nama Baru RSIA Bunda Ciputat

BMHS menghadirkan inovasi dalam bidang medis dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan  masyarakat. Inovasi tersebut mencakup dalam hal kecepatan, kemudahan dan kepraktisan dalam perawatan.

Oleh karena itu, BMHS mewujudkan harapan masyarakat melalui jaringan pelayanan medis yang memadai di berbagai wilayah tanah air. Terutama untuk menunjang kebutuhan ibu dan anak, mulai dari kehamilan, melahirkan hingga perawatan.

BMHS sendiri sebagai pusat layanan kesehatan Indonesia sudah dikembangkan sejak 1973 yang awalnya dimulai dari klinik bersalin. Berangkat dari layanan ibu dan anak tersebut, masyarakat mulai menaruh rasa percaya tinggi terhadap Bundamedik Healthcare System karena selalu didukung dengan dokter spesialis.

Berkembang di bawah naungan PT Bundamedik Tbk, kedepannya BMHS akan terus berupaya mewujudkan harapan pemerintah Indonesia dalam menyediakan layanan-layanan medis dan perawatan yang merata di seluruh tanah air.

Saat ini sudah menyediakan beberapa rumah sakit besar dan pelayanan medis seperti Morula IVF Indonesia, Diagnos Lab, Bunda Global Pharma, Lembaga Ilmu Reproduksi Indonesia, Bunda Diklat Indonesia, Daima Norwood Menteng serta Prima Dental, Emergency Response (ER) dan IMTB.

BMHS dalam Membangun Jaringan Rumah Sakit Komunitas

Salah satu upaya yang dilakukan oleh BMHS dalam membangun jaringan komunitas yakni melalui kerjasama dengan Klinik Pintar. Dengan kerjasama tersebut, BMHS akan semakin mudah dalam menjangkau dan memberikan fasilitas kesehatan terbaik untuk masyarakat di berbagai daerah.

Jaringan pelayanan kesehatan Indonesia yang luas serta segudang prestasi sudah diperoleh, tentu membuat BMHS menjadi harapan besar bagi masyarakat. Terutama dalam menekan angka pengobatan ke luar negeri yang ternyata terus meningkat dari tahun ke tahun.

Masyarakat tidak perlu lagi menghabiskan banyak dana untuk melakukan pengobatan di luar negeri. BMHS akan menjadi pusat pelayanan kesehatan terkemuka dengan deretan teknologi kesehatan kekinian.

Komitmen dalam mewujudkan layanan kesehatan Indonesia terbaik juga ditunjukkan dari Rumah Sakit Bunda Group yang sudah menerima rujukan pasien BPJS. Kami akan memenuhi setiap kebutuhan kesehatan pasien melalui pelayanan yang tersistem.

Tidak menutup kemungkinan kedepannya ekspansi bisnis di sektor kesehatan akan terus ditingkatkan. Tujuannya agar semakin banyak rumah sakit yang berdiri di daerah-daerah pedalaman, terutama Indonesia bagian timur.

Pemerataan ini ditujukan agar masyarakat di desa bisa mendapatkan haknya untuk memperoleh layanan kesehatan yang memadai. Pemerataan jaringan rumah sakit untuk kualitas layanan kesehatan Indonesia diharapkan bisa menjadi jawaban atas keresahan sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal.

Baca Juga: BMHS Ekspansi Tambah 3 Rumah Sakit, 2 Klinik, dan 30 Lab pada 2022

Anda juga dapat menikmati kualitas pelayanan kesehatan BMHS melalui unit-unit RS Bunda Group dengan mereservasikan kunjungan Anda. Tersedia jadwal dokter di mana Anda dapat mencari dokter pilihan Anda, juga laman informasi di mana Anda dapat menemukan layanan kesehatan yang lebih lengkap.

Bagikan Artikel Ini: