RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pencapaian General Practitioner RSIA Bunda Jakarta di Ajang Bergengsi Kongres Obstetri dan Ginekologi Indonesia Tahun 2022 Di Pekanbaru

  • Beranda
  • Pencapaian General Practitioner RSIA Bunda Jakarta di Ajang Bergengsi Kongres Obstetri dan Ginekologi Indonesia Tahun 2022 Di Pekanbaru

Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi dunia kedokteran yang selama 1 dekade berkembang sangat pesat di dunia, khususnya metode bedah yang saat ini sudah masuk ke dalam era bedah robotik.

Hal ini yang menarik dr.Thatam Mardiyah yang berprofesi sebagai general practitioner RSIA Bunda Jakarta untuk membuat tulisan tentang bedah robotik dan kasus-kasus Ginekologi yang bisa di tangani menggunakan metode bedah robotik di RSIA Bunda Jakarta.

Dengan tema “Pembedahan Robotik pada Ginekologi : Tren Adaptasi Satu Dekade dan Persebaran Jenis Penyakit“ dr. Tita (nama panggilan dr.Thatam Mardiyah) membuat penelitian yang didampingi secara langsung oleh dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp.OG(K)FER, MARS. Penelitian tersebut berisikan perkembangan tren penggunaan bedah robotik di masa yang akan datang, terutama pada bidang kedokteran Ginekologi di Indonesia.

Dengan penelitian yang di buat oleh dr. Tita, dapat diambil kesimpulan bahwa tren penggunaan bedah robotic di dunia meningkat 20% setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri dengan hadirnya layanan bedah robotik di RS Bunda Jakarta dapat menjadi pilihan metode pembedahan khususnya untuk kasus Ginekologi, hal ini terbukti berdasarkan hasil penelitian dr Tita bahwa terjadi peningkatan persentase adaptif prosedur robotic yang pesat dalam 10 tahun terakhir. Pembedahan robotic sendiri banyak di lakukan pada prosedur Miomektomi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dr.Thatam Mardiyah kemudian di presentasikan di ajang bergengsi tahunan Kongres Obstetri dan Ginekologi yang diadakan 25 – 27 Juli 2022 di Pekanbaru, Riau. Suatu kebanggan tersendiri bagi RSIA Bunda Jakarta atas pencapaian dr.Thatam  Mardiyah yang penuh dedikasi dalam menyelesaikan penelitiannya tersebut, dengan di damping dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp.OG(K)FER,MARS sebagai supervisi dalam melakukan penelitian tersebut.

Penelitian yang di lakukan oleh dr.Thatan Mardiyah di sambut baik oleh Manajemen RSIA Bunda Jakarta dalam hal ini di wakili oleh dr.Silvia Evalina Tarigan, MARS selaku Plt.Kepala RSIA Bunda Jakarta yang memfasilitasi semua kebutuhan selama penelitian ini berlangsung. “Melalui penelitian ini manajemen dapat melihat tren peningkatan penggunaan bedah robotic dalam penanganan kasus Ginekologi saat ini”, ujar dr. Silvia saat di wawancara.

Dr.  Harmeni Wijaya menambahkan, “Pencapaian ini menjadi  bukti pentingnya menanamkan budaya dan semangat organisasi BMHS untuk terus mendorong dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia”. “Penelitian ilmiah yang di lakukan oleh General practitioner RSIA Bunda Jakarta akan terus di agendakan guna meningkatkan kemampuan dan ilmu pengetahuan General Practitioner maupun dokter spesialisdalam melaksanakan tugas di RSIA Bunda Jakarta dan akan di dukung oleh manajemen RSIA Bunda Jakarta dan BMHS.

Bagikan Artikel Ini: