RS Bunda Group

Berita & Artikel

Kenali Bakat dan Kesehatan Anak Sedari Dini dengan Pemeriksaan Circle DNA (Diagnos)

  • Beranda
  • Kenali Bakat dan Kesehatan Anak Sedari Dini dengan Pemeriksaan Circle DNA (Diagnos)
kenali-bakat-dan-kesehatan-anak-melalui-circle-dna-rs-bunda-group

Bundamedik Healthcare System telah menyediakan beragam layanan kesehatan melalui unit usahanya. Salah satunya adalah Circle DNA by Diagnos Genomics, untuk melakukan uji DNA secara lebih mendalam. DNA merupakan bagian penting dalam tubuh manusia sebagai bagian dari kode genetik. Fungsi utama dari tes DNA tersebut ialah untuk melihat garis keturunan seseorang, dan saat ini tes tersebut telah berkembang menjadi tes dengan lebih banyak jenis dan fungsi.

Baca Juga: Kenali Test Mantoux untuk Anak

Umumnya, manusia mempunyai 46 kromosom di dalam setiap sel tubuhnya. Kromosom tersebut tersusun atas DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribonukleat yang merupakan materi genetik, sehingga dalam satu keturunan bisa tampak sifat dan karakteristik fisik yang mirip. Pemeriksaan ini dapat menjadi acuan pengenalan garis keturunan seseorang. Selain itu, penyakit dapat terdeteksi dengan menganalisis struktur DNA.

Circle DNA dan Manfaatnya

Produk ini merupakan layanan tes DNA di mana hasilnya mampu membaca dan menterjemahkan lebih dari 500 data genetik seseorang. Pemeriksaan dilakukan secara komprehensif untuk hasil yang lebih akurat. Tes Circle DNA tidak hanya menilai garis keturunan, namun, bisa juga untuk melihat karakter seseorang. Pemeriksaan tersebut dapat memberikan informasi lebih detail tentang karakteristik individual setiap orang, selain riwayat penyakit dan potensi bakat dapat terlihat.

Tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan tes Circle DNA. Hasil tes ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat, sesuai dengan data genetik individual yang Anda miliki. Selain itu, manfaat lainnya adalah optimasi potensi genetik Anda. Tes DNA bahkan mampu melihat sejauh mana potensi penyakit yang akan diderita. Dengan melakukan tes ini, Anda juga bisa mengetahui respons tubuh terhadap obat yang Anda konsumsi.

Persiapan Sebelum Pemeriksaan

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan Circle DNA bisa dilakukan untuk siapapun tanpa mengenal usia atau enis kelamin. Artinya, tidak ada batasan jika Anda ingin melakukan layanan tersebut. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum pemeriksaan:

  1. Usia di bawah 18 tahun perlu mendapat persetujuan dari orang tua dengan jaminan sample yang tepat.
  2. DNA tidak dipengaruhi oleh apapun. Artinya, sifat dari DNA adalah permanen di mana obat atau penyakit tidak akan bisa mempengaruhinya.
  3. Jika sedang sakit, sebaiknya menunda layanan ini. Terutama bila ada penggunaan obat yang dioleskan pada area mulut.

Di sisi lain, jika Anda ingin melakukan layanan ini, ada beberapa hal penting sebelum melakukan pemeriksaan, yakni:

  1. Adanya edukasi atau rekomendasi dari dokter. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas mengapa perlu melakukan pemeriksaan tersebut.
  2. Pasien harus mengisi formulir PHI (Personal Health Information/Informasi Kondisi Medis) serta Informed Consent atau informasi yang berkaitan dengan persetujuan pemeriksaan.
  3. Membuat perjanjian untuk pengambilan sampel di laboratorium Diagnos atau menggunakan layanan Home Care.

Baca Juga: Pemeriksaan Pendengaran Pada Bayi dan Anak

Jika poin-poin sebelumnya telah dipahami, maka Anda bisa melanjutkan ke layanan lanjutan. Dalam pengambilan sampel, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Petugas akan mengeluarkan alat swab steril. Upayakan untuk tidak menyentuh bagian ujung tangkai karena bisa menyebabkan kontaminasi bakteri atau virus.
  2. Tempatkan ujung swab ke dalam mulut dan kemudian gosokkan menuju area pipi selama 10 kali. Ulangi langkah tersebut pada sisi yang lainnya.

Pasca Pemeriksaan

Berapa  lama Anda menunggu proses pembacaan data genetik sampai keluar hasilnya? Ada beberapa ketentuan terkait hasil pemeriksaan yang perlu Anda ketahui, yakni:

1.      Hasil pemeriksaan Circle DNA diterima paling lambat setelah 30 hari kerja.

2.      Hasil akan dikirimkan dalam bentuk paket khusus (1 buku dan flashdisk).

3.      Hasil pemeriksaan bukan merupakan laporan kesehatan.

4.      Konselor akan memberikan penjelasan mengenai interpretasi laporan pemeriksaan tersebut.

Pasca pemeriksaan akan terdapat beberapa poin penting. Anda harus menunggu semua pemeriksaan selesai. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan semua hasil dari pemeriksaan tersebut dan bisa berkonsultasi dengan konselor.

  1. Pasien akan dihubungi untuk sesi konsultasi.
  2. Ada hasil yang membutuhkan perhatian khusus terkait kondisi tertentu.
  3. Bila diperlukan pemeriksaan lanjutan karena kondisi medis tertentu, maka akan dilakukan atas persetujuan pasien.
  4. Hasil pemeriksaan yang menunjukkan tanpa risiko maupun kelainan medis akan dikonsultasikan dengan dr. Marya W. Haryono, SpGK.
  5. Fokus konsultasi ini adalah untuk konseling nutrisi serta gaya hidup terbaik sesuai dengan DNA Anda.

Baca Juga: Konsultasi Kesehatan Anak ke Poli Anak

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan ini, maka bisa melakukan reservasi ke RSU Bunda Jakarta, RSIA Bunda Jakarta, serta RSU Bunda Margonda. terlebih dahulu. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya. 

Bagikan Artikel Ini: