RS Bunda Group

Berita & Artikel

Gigi Susu Mana Saja yang Akan Tanggal? Pelajari Yuk Bunda

  • Beranda
  • Gigi Susu Mana Saja yang Akan Tanggal? Pelajari Yuk Bunda
gigi-susu-anak-tanggal-rs-bunda-group

Bunda, ketahuilah gigi susu mana saja yang akan tanggal agar tidak salah penanganan ketika si kecil mulai tumbuh atau tanggal gigi. Gigi susu merupakan gigi yang pertama kali tumbuh pada setiap manusia, khususnya dalam hal ini pada seorang anak. Pada masanya, yang pertama kali tumbuh tersebut akan mengalami masa tanggal atau lepas dari gusi. Meskipun tidak permanen, namun tetap harus dijaga kesehatan serta kebersihannya. Penting sekali memperkenalkan cara membersihkan mulut kepada anak.

Baca Juga: Tutorial Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak

Kebanyakan anak tidak terbiasa atau enggan melakukan pembersihan dengan menyikat gigi. Jika tidak dibiasakan sedari dini maka dampaknya terhadap kesehatan dalam mulut anak sampai dewasa, contohnya keropos dan giginya bolong.

Memberikan edukasi dengan cara menyenangkan dan memberikan contoh jauh lebih efektif dibandingkan hanya memberi perintah. Buah hati akan lebih mudah menyerap edukasi apabila orang tua senantiasa menjadi panutan bagi mereka dalam setiap tindakan.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Gigi dan Mulut untuk Senyum Indah Nan Sempurna

Apa Itu Gigi Susu?

Gigi susu tumbuh sementara pada usia anak-anak dan akan tergantikan oleh gigi dewasa. Jumlahnya ada 20, terbagi atas 8 gigi seri, 4 taring, dan 8 geraham. Yang pertama muncul biasanya seri bagian depan bawah. Waktu tumbuhnya pada tiap anak berbeda-beda, tergantung kondisi si anak. Demikian juga dengan waktu gigi susu mana saja yang akan tanggal memiliki timing yang tidak seragam. Kenapa gigi susu tanggal? Karena kekuatan akarnya tidak seperti gigi permanen atau dewasa.

Panjang akar gigi susu lebih dangkal sehingga lebih rapuh dibandingkan gigi permanen. Namun, jangan khawatir karena meskipun tanggal terlebih dahulu, nantinya tetap tumbuh yang baru. Oleh karena proses pertumbuhan ini, banyak anak memasuki fase tertentu di mana mereka mengalami ompong terlebih dahulu.

Jadwal Gigi Susu Tumbuh

Pada dasarnya kapan waktu tumbuh serta gigi susu mana saja yang akan tanggal pada setiap anak berbeda. Pada kebanyakan kasus, waktu tumbuh gigi susu anak adalah sebagai berikut:

  • Usia 6 sampai 10 bulan mulai tumbuh seri bagian tengah rahang bawah dan rahang atas tumbuh di usia 8 sampai 12 bulan.
  • Usia 10 sampai 16 bulan mulai tumbuh bagian seri samping bawah, dan usia 9 sampai 13 bulan untuk rahang atas.
  • Usia 17 sampai 23 bulan mulai tumbuh taring bawah, serta masuk 16 sampai 22 bulan untuk bagian atas.
  • Usia 14 sampai 18 bulan mulai tumbuh geraham pertama bawah, dan 13 sampai 19 bulan untuk bagian atas.
  • Usia 23 sampai 31 bulan mulai tumbuh geraham belakang bawah, serta 25 sampai 33 bulan untuk bagian atas.

Kasus pertumbuhan gigi pada anak perempuan biasanya lebih cepat, sehingga waktu gigi susu mana saja yang akan tanggal juga lebih cepat.

Namun, hal tersebut tidak mutlak, kembali kepada kondisi tubuh masing-masing anak. Ada bayi dengan pertumbuhan gigi cepat, tanpa demam maupun tangisan keras. Ada juga sebaliknya, di mana bayu harus mengalami demam terlebih dahulu baru kemudian muncul tunas gigi baru. Namun, selama semuanya dalam batas normal maka orang tua tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Karies Gigi Pada Anak: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Jadwal Gigi Susu akan Tanggal

Setelah tumbuh, ada waktunya juga bagi gigi untuk tanggal dengan berbagai kondisi dan alasan. Berikut gigi susu mana saja yang akan tanggal pada usia kanak-kanak:

  • Usia 6 sampai 7 tahun gigi seri tengah mulai tanggal.
  • Usia 7 sampai 8 tahun seri samping ikut tanggal.
  • Usia 10 sampai 12 tahun bagian taring atas yang tanggal, sementara untuk rahang bawah sudah dari usia 9 tahun.
  • Usia 9 sampai 11 tahun bagian geraham pertama akan tanggal.
  • Usia 10 sampai 12 tahun bagian geraham belakang ikut tanggal.

Setelah mengetahui jadwal tanggal gigi anak, kini Bunda tinggal melakukan perawatan rutin di rumah dengan membiasakan anak rajin membersihkan area mulut. Jangan lupa selalu konsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan kebersihan dan kesehatan mulut anak terjaga.

Baca Juga: Ayah Bunda Wajib Paham! Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Tidak jarang minimnya pengetahuan membuat teknik sikat gigi anak menjadi tidak efektif sama sekali. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: