RS Bunda Group

Berita & Artikel

Perkembangan Cephalocaudal dan Proximodistal pada Anak

  • Beranda
  • Perkembangan Cephalocaudal dan Proximodistal pada Anak
perkembangan-cephalocaudal-dan-proximodistal-pada-anak-rs-bunda-group

Tumbuh kembang adalah proses yang terus berlanjut sejak konsepsi sampai maturitas (dewasa) yang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan. Dalam periode tertentu terdapat percepatan dan perlambatan dalam proses tumbuh kembang pada setiap organ tubuh berbeda. Pola perkembangan tiap anak memiliki pola yang sama, yakni pola cephalocaudal dan proximodistal. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mereservasikan kunjungan ke klinik anak atau unit RS Bunda Group untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail.

Baca Juga: Klinik Anak untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Penjelasan Pola Perkembangan Anak

Pola perkembangan fisik dapat diramalkan semasa kehidupan pra dan pasca lahir. Ada dua pola rangkaian arah perkembangan anak, yaitu: pola chepalocaudal dan pola proximodistal.

Pola Cephalocaudal merupakan arah perkembangan yang menyebar ke seluruh tubuh dimulai dari kepala ke kaki. Hal ini berarti bahwa kemajuan fisik anak dalam struktur dan fungsi berawal dari bagian kepala, menuju badan, dan selanjutnya ke kaki. 

Pola Proximodistal merupakan arah perkembangan bergerak dari dekat ke bagian yang lebih jauh. Pola ini berkembang dari sumbu pusat tubuh menuju ke ujung-ujungnya.

Sumsum tulang anak akan berkembang sebelum bagian tubuh luar pada pola. Lengan berkembang sebelum tangan. Tangan dan kaki berkembang sebelum jari tangan dan jari kaki

Baca Juga: Waspada! Ini Beberapa Gangguan Penglihatan pada Anak

Pola Cephalocaudal

Pola cephalocaudal merupakan pola pertumbuhan tercepat yang selalu terjadi dari bagian atas tubuh, yaitu kepala, leher, bahu, batang tubuh, dan seterusnya.

Perkembangan sensoris dan motorik anak juga berkembang mengikuti pola cephalocaudal, sebagaimana bayi akan dapat melihat objek sebelum mereka dapat mengendalikan tubuh mereka, dan bayi dapat menggunakan tangan duku sebelum mereka dapat merangkak atau berjalan.

Pola Proximodistal

Pola proximodistal merupakan pola pertumbuhan dari pusat tubuh dan bergerak ke arah tangan dan kaki, seperti kendali otot tubuh dan lengan akan lebih mudah diliat pada bayi sebelum kendali tangan dan jari.

Selain dari kedua pola tersebut, secara garis besar tumbuh kembang anak juga dapat dibagi menjadi 3, yaitu:

Tumbuh kembang fisis

Tumbuh kembang fisis meliputi perubahan dalam ukuran besar dan fungsi organisme atau individu. Perubahan ini bervariasi dari fungsi tingkat molekuler yang sederhana seperti aktifasi enzim terhadap diferensi sel, sampai kepada proses metabolisme yang kompleks dan perubahan bentuk fisik di masa pubertas.

Baca Juga: Konsultasi Kesehatan Anak ke Poli Anak

Tumbuh Kembang Intelektual

Pertumbuhan dan perkembangan intelektual berkaitan dengan kepandaian berkomunikasi dan kemampuan menangani materi yang bersifat abstrak dan simbolik, seperti bermain, berbicara, berhitung, atau membaca.

Tumbuh Kembang Emosional

Proses tumbuh kembang emosional bergantung pada kemampuan bayi untuk membentuk ikatan batin, kemampuan untuk merasakan cinta kasih.

Anak adalah tanggung jawab orang tua yang pada akan tumbuh menjadi bagian dari masyarakat dengan keinginan dan kebutuhan mereka sendiri sebagai individu yang berbeda dari orang tua.

Tugas orang tua adalah untuk menjaga dan membimbing anak hingga dapat menjadi dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab. Salah satunya adalah dengan meningkatkan potensi kualitas hidup anak melalui kesehatan selama proses tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Kenali Bakat dan Kesehatan Anak Sedari Dini dengan Pemeriksaan Circle DNA (Diagnos)

Peningkatan kualitas hidup ini dapat dimulai dengan rutinitas pemeriksaan kesehatan anak berkala dengan bantuan medis. Reservasikan kunjungan Anda dan si kecil ke unit RS Bunda Group untuk pemeriksaan berkala. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda untuk menemukan unit yang tepat. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: