...

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Wajib Tahu! 6 Pertolongan Pertama Sendi Geser

  • Beranda
  • Wajib Tahu! 6 Pertolongan Pertama Sendi Geser
sendi-geser-bunda-group

Sendi geser disebut juga dengan dislokasi, sebuah masalah pada tulang yang mengalami pergeseran dari sendi. Jadi posisinya berubah ke tempat yang tidak seharusnya. Ini dapat terjadi pada area mana saja, mulai dari jari, bahu, lutut, siku, serta panggul. Segera hubungi IGD RS Bunda Group di 1-500-799 untuk membantu Anda menangani kondisi ini dengan aman.

Baca Juga: Pain Management: Atasi Nyeri Tanpa Operasi

Penyebab kondisi ini datang dari berbagai faktor, misalnya karena olahraga, kecelakaan, faktor usia, dan genetik. Sendi berfungsi untuk menghubungkan tulang, sehingga tanpa kehadirannya membuat tubuh sulit bergerak dengan semestinya.

Untuk gejalanya sendiri juga bermacam-macam, dari sakit ketika digerakkan, pembengkakan, memar pada permukaan kulit, bentuk sendinya berubah, dan sebagainya. Dari semua bagian tubuh yang bisa mengalaminya, paling sering adalah pada bagian bahu.

Penyebab Sendi Geser

Umumnya penyebab utama kejadian ini adalah benturan keras yang menyebabkan ujung tulang lepas dari engsel sendinya. Misalnya ujung tulang lutut terlepas dari tempurung. Selain itu ada juga faktor penyebab dislokasi:

1.    Kecelakaan

Masalah sendi geser ini paling sering terjadi pada saat terjatuh dan kecelakaan. Kecepatan pengendara atau kendaraan yang menabrak penderita umumnya dapat menghasilkan benturan yang cukup besar untuk menggeser sendi pada tubuh.

2.    Olahraga

Ada beberapa jenis olahraga tertentu dilakukan dengan kontak fisik yang banyak. Akibatnya memicu terjadinya cedera dan benturan yang menyebabkan pergeseran pada sendi. Ini sering terjadi saat teknik olahraganya salah.

3.    Usia

Faktor lainnya adalah usia yang semakin tua dan resiko terjadinya sendi geser meningkat. Itu karena keseimbangan gerakan orang yang sudah tua menurun sehingga rentan terjatuh dan cedera berakibat dislokasi.

4.    Gen

Genetik juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Ada sejumlah orang lahir dengan kondisi ligamen lemah sehingga hal tersebut membuat sendinya rentan bergeser ke tempat yang tidak seharusnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Terapi Okupasi di Bunda Neuro Center

Salah satu contoh penyebab hal ini adalah orang yang memiliki sindrom marfan. Sehingga mereka lebih beresiko mengalami kejadian ini daripada mereka dengan kondisi ligamen normal. Itulah kenapa keturunan sangat berpengaruh.

Gejala

Tanda-tanda yang ditimbulkan akibat sendi geser ini bermacam-macam, tergantung dari tingkat keparahannya. Gejala yang dapat terjadi saat seseorang memerlukan penanganan lebih lanjut adalah:

  • Penderita mengalami nyeri dan sakit di bagian yang cedera. Ada juga yang sampai memar dan mengalami pembengkakan ketika hal tersebut terjadi. Selain itu, biasanya cederanya kemerahan dan mulai menghitam.
  • Dalam kondisi lebih parah biasanya bentuk sendinya menjadi abnormal dan sakit ketika digerakkan, atau di area yang mengalami cedera biasanya menjadi mati rasa.

Penanganan

Masalah sendi geser ini harus ditangani dengan tepat karena bisa menimbulkan rasa sakit yang parah. Di bawah ini adalah daftar pertolongan pertama saat seseorang mengalami dislokasi:

  1. Kompres bagian yang sakit dengan es karena suhu dingin es bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri tersebut. Disamping itu, es bisa meminimalisir terjadinya pembengkakan di area sakit.
  2. Jangan pernah menarik paksa di bagian sendi geser karena bila Anda salah melakukannya bisa menyebabkan patah tulang.
  3. Usahakan untuk meminimalisir gerakan yang akan mempengaruhi area dislokasi hingga datangnya pertolongan medis. Ini dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan tambahan pada ligamen.
  4. Ketika mengalami kejadian sendi geser ini, maka jangan menunda penanganannya karena tenaga medis profesional dapat mengembalikan posisi sendiri dalam kurun waktu 15 menit ketika dislokasi tidak terlalu parah.

Penanganan Lebih Lanjut

Dalam kondisi tertentu, umumnya dokter melakukan pengembalian tulang di posisi awal dengan hati-hati karena harus memperhatikan rasa sakitnya. Bila terjadi pembengkakan dan nyerinya parah, maka pasien diberi obat bius.

Supaya cepat sembuh, pastikan untuk beristirahat penuh tepat di bagian yang dislokasi. Jangan melakukan banyak aktivitas yang memicu timbulnya pergerakan sendinya. Jadi hindari gerakan apa saja yang memicu nyeri.

Perlu ke Dokter?

Kejadian seperti ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena kondisi sendi geser ini bukan terkilir dan memar biasa saja namun butuh penanganan cepat supaya proses penyembuhannya sempurna dan tidak semakin parah.

Kesalahan penanganan dan terlambat menyebabkan kondisinya semakin rumit dan sembuhnya lama. Maka dari itu harus ditangani secepatnya dengan mengunjungi dokter agar tidak terjadi komplikasi serius, misalnya seperti saraf menjadi rusak.

Jadi bila Anda atau orang di sekitar mengalaminya, maka perlu untuk melakukan pertolongan pertama hingga bantuan medis datang.

Baca Juga: Nyeri Saraf? Obati Segera di Bunda Pain Clinic RSU Bunda Margonda

Akan lebih baik juga untuk segera pakai layanan IGD RS Bunda Group. Sedangkan untuk perawatan dislokasi sendi lebih lanjut dapat Anda peroleh dengan reservasi jadwal dokter yang sesuai untuk Anda. Lebih lanjut, Anda juga dapat mengunjungi laman informasi kami untuk layanan kesehatan lainnya

Bagikan Artikel Ini: