RS Bunda Group

Berita & Artikel

Layanan Kesehatan Ibu dan Anak Terpadu di Tangerang Selatan

  • Beranda
  • Layanan Kesehatan Ibu dan Anak Terpadu di Tangerang Selatan
layanan-kesehatan-terpadu-rsia-bunda-ciputat-rs-bunda-group

Sebagai orang tua yang baik Anda perlu mengetahui pusat layanan kesehatan ibu dan anak terpadu, khususnya di daerah Tangerang Selatan. Karena sangat penting untuk memantau dan menjaga kesehatan diri sendiri serta buah hati agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga: RSIA Citra Ananda Menjadi RSIA Bunda Ciputat, Nama Baru, Semangat Baru

Bagi orang tua yang masih sibuk dengan pekerjaan sekaligus harus mengurus rumah tangga, seringkali tumbuh kembang anak jadi kurang perhatian. Belum lagi dengan aktivitas di sekolah yang di luar pemantauan orang tua. Reservasikan kunjungan pemeriksaan dengan dokter dan ahli RSIA Bunda Ciputat untuk pelayanan kesehatan yang mendetail.

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu menciptakan konsistensi dalam menerapkan pola hidup sehat sehari-hari untuk hal-hal kecil yang kemudian akan menjadi tabiat anak hingga dewasa.

Berangkat dari pola hidup sehat tersebut diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang unggul, bersinar, dan berprestasi. Maka dari itu, ketahui cara menjaga kesehatan ibu dan anak yang baik.

Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak Sehari-hari

Selain mengetahui layanan kesehatan terbaik, ibu juga harus tahu bagaimana menjaga kesehatan diri sendiri serta anak agar dapat meminimalisir penularan penyakit, seperti:

Baca Juga: Bundamedik Merambah Palembang, Penuhi Komitmen Akuisisi Rumah Sakit dengan RSIA Azzahra

1.    Menerapkan Pola Makan sehat

Menjaga kesehatan yang paling dasar yakni dengan menerapkan pola makan sehat setiap hari, baik untuk ibu maupun anak. Jika orang tua sakit tentunya dapat berpengaruh terhadap si kecil.

Usahakan untuk memenuhi gizi seimbang pada makanan sehari-hari. Seperti makanan yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, vitamin, serta serat sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2.    Memenuhi Waktu Tidur Ideal

Setiap kategori usia mempunyai kebutuhan waktu tidur berbeda-beda. Pada bayi baru lahir idealnya menghabiskan waktu tidur 14-17 jam sehari, balita membutuhkan 10-13 jam sehari, dan orang dewasa 7-9 jam. Penting sekali untuk memenuhi kualitas tidur harian karena memberikan pengaruh terhadap kondisi kesehatan.

3.    Menghindari paparan asap rokok

Di pusat layanan kesehatan pasti sering menghimbau agar menjauhi asap rokok, terutama bagi ibu dan anak. Paparan asap rokok termasuk polusi udara yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti asma, gangguan paru-paru hingga infeksi saluran pernapasan.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan udara di lingkungan rumah. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan air purifier seperti yang banyak beredar saat ini.

Upaya Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar juga termasuk upaya dalam meningkatkan kesehatan bagi ibu serta anak. Seperti memandikan anak setiap hari, mengganti pakaiannya, dan memastikan ruang tidurnya selalu bersih.

Orang tua juga tidak boleh mengabaikan kebersihan diri sendiri agar tidak membawa partikel dan bakteri dari luar rumah. Pastikan selalu mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas, terutama ketika akan berinteraksi dengan buah hati.

Apalagi sebagai orang tua, Anda pasti ada memiliki banyak kegiatan yang dilakukan setiap hari seperti berbelanja, bekerja, memasak, mencuci, menyapu, lainnya. Tanpa disadari akan ada banyak bakteri dan kuman bisa menempel dari aktivitas-aktivitas tersebut

Ajarkan juga si kecil untuk terbiasa mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setiap kali selesai melakukan aktivitas seperti makan, main, menggunakan toilet atau lainnya.

Selain itu, jaga juga kebersihan lingkungan di rumah seperti membersihkan perabotan secara berkala, mengepel, serta lain sebagainya. Anda juga dapat melibatkan anak untuk turut serta membersihkan rumah agar menjadi kebiasaan yang tertanam sejak dini.

Selain melalui praktik menjaga kebersihan diri serta lingkungan seperti sudah dijelaskan diatas, Anda juga harus segera berkonsultasi ke layanan kesehatan apabila mengalami gejala gangguan kesehatan. Sebagai tindak pencegahan, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kondisi orang tua dan anak tetap terjaga.

Baca Juga: Fasilitas Hemodialisis RSU Bunda Jakarta Melengkapi Target BMHS

Ragam Layanan Kesehatan di RSIA Bunda Ciputat

Layanan kesehatan RSIA Bunda Ciputat selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, menyeluruh serta nyaman untuk turut serta membantu menjaga kesehatan ibu dan anak.

Sebagai bagian dari RS Bunda Group, RSIA Bunda Ciputat berspesialisasi untuk melayani persalinan dan kelahiran yang tentunya telah dilengkapi dengan teknologi inovatif untuk memastikan kualitas kesehatan ibu dan bayi.

Beberapa layanan kesehatan yang tersedia di RSIA Bunda Ciputat meliputi:

1.   Persalinan 24 Jam

RSIA Bunda Ciputat mempunyai petugas medis persalinan yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis kandungan serta bidan. Rumah Sakit ini menyediakan fasilitas persalinan selama 24 jam lengkap dengan ruang rawat serta fasilitas memadai lainnya.

2.      IGD Umum 24 Jam

RSIA Bunda Ciputat juga menyediakan layanan kesehatan berupa IGD umum 24 jam yang dijalankan oleh dokter umum dan perawat untuk menangani berbagai kasus darurat. Terdapat juga fasilitas berupa ambulance untuk menjemput atau merujuk pasien ke rumah sakit lain apabila diperlukan.

3.      Bunda Aesthetic Center

Terdapat juga layanan klinik kecantikan untuk perawatan diri Anda. Klinik ini dijalankan oleh dokter serta tenaga medis dengan keahlian yang sesuai untuk perawatan kecantikkan Anda.

4.      ERAS

Anda juga dapat menemukan layanan operasi dengan metode Enhanced Recovery After Surgery (ERAS), yakni teknik operasi yang dapat meminimalkan rasa nyeri, kesulitan bergerak pasca operasi, gangguan usus serta meningkatkan proses penyembuhan. Metode ini juga dapat digunakan untuk membantu proses operasi persalinan demi keselamatan ibu dan anak.

5. Laparoskopi

RSIA Bunda Ciputat memiliki peralatana medis canggih, termasuk laparoskopi untuk prosedur bedah minimal invasif. Berbagai penyakit dan kelainan untuk kasus-kasus kebidanan dan kandungan dapat ditangani dengan cepat dan komplikasi yang minimal serta lama perawatan di rumah sakit yang lebih singkat.

6.     Morula IVF

RSIA Bunda Ciputat memiliki layanan Morula IVF untuk memenuhi kebutuhan akan Program Bayi Tabung masyarakat di wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Baca Juga: BMHS Dipercaya Kemenparekraf Sebagai Vaksinator

Kesehatan adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda kembangkan sejak dini. Reservasikan kunjungan Anda ke RSIA Bunda Ciputat untuk mendapatkan perawatan dan pelayanan kesehatan yang menyeluruh di Tangerang Selatan, atau kunjungi ahli pilihan Anda sesuai dengan jadwal dokter. Temukan layanan kesehatan lainnya di laman informasi kami.

Bagikan Artikel Ini: