RS Bunda Group

Berita & Artikel

Panduan Pasien RSU Bunda Padang

panduan-pasien-rs-bunda-padang

Halo, Bunda! Terima kasih telah memilih RSU Bunda Padang sebagai rumah sakit kepercayaan Bunda. Berikut adalah panduan dan prosedur untuk setiap layanan dan fasilitas yang ditawarkan di RSU Bunda Padang dari prosedur rawat jalan, rawat inap, hingga pembayaran. 

Baca Juga: Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

Layanan Klinik Umum dan Spesialis

Untuk layanan Klinik Umum dan Spesialis, tersedia pada jadwal berikut ini.

Waktu : Senin s.d. Sabtu

Pukul : 08.00 – 20.00 WIB (Sesuai dengan jadwal klinik dokter)

Terdapat prosedur yang bisa Bunda ikuti ketika melakukan pengobatan rawat jalan di RSU Bunda Padang. Berikut panduannya:

1. Reservasi dengan Dokter

Pasien dapat membuat janji atau melakukan reservasi dengan dokter yang bersangkutan melalui telepon atau datang langsung ke RSU Bunda Padang, atau juga dapat melakukan reservasi secara online di sini.

2. Registrasi di Petugas Informasi

Pasien menyerahkan buku status pasien ke petugas informasi yang berisikan informasi umum data diri serta rekam medis pasien yang telah tercatat sebelumnya.

3. Formulir

Terdapat beberapa informasi yang diperlukan agar proses pendataan pasien rawat jalan menjadi lebih jelas. 

4. Mengambil Nomor Antrian

Sebelum melakukan konsultasi, pasien perlu mengambil nomor antrian dan akan dipanggil oleh suster yang membantu dokter sesuai dengan nomor antrian

Panduan Pasien Rawat Inap

Dalam layanan rawat inap, terdapat prosedur yang dapat Bunda pahami. Panduan rawat inap terbagi ke dalam tahap sebelum, ketika, dan setelah rawat inap. Berikut merupakan panduan pasien RSU Bunda Margonda untuk layanan rawat inap.

1. Sebelum Rawat Inap

Terdapat beberapa keperluan administrasi yang perlu pasien penuhi sebelum melakukan perawatan rawat inap yang sudah diinformasikan sebelumnya oleh dokter atau staf klinik terkait, namun terdapat juga beberapa informasi umum yang dapat pasien persiapkan sebelum melakukan rawat inap.

Jam Berapa Harus ke Rumah Sakit?

Pasien dapat tiba di rumah sakit di jam berapa pun, atau sesuai dengan permintaan khusus dari dokter spesialis pasien. Apabila dokter membutuhkan analisis darah untuk keperluan operasi, pasien dapat hadir di rumah sakit satu hari sebelum tanggal operasi. Pasien juga dapat mendaftarkan ruangan untuk rawat inap ke bagian Client Service sebelum tindakan atau jadwal operasi.

Apa Saja yang Perlu Dibawa?

Item yang Wajib Anda Bawa

  1. Tanda pengenal (KTP/SIM)
  2. Kartu asuransi (bila perlu)
  3. Pakaian
  4. Peralatan mandi (sikat gigi dan/atau alat cukur)

Item yang Tidak Boleh Anda Bawa

  1. Barang berharga
  2. Peralatan rumah tangga
  3. Obat-obatan terlarang
  4. Benda tajam 

RSU Bunda Padang tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan barang-barang pribadi apapun, oleh karena itu, mohon pasien dan pengunjung untuk bertanggung jawab atas barang-barang berharga dan sebagainya.

Informasi Bagi Pengunjung

Hari Kunjungan: 

  • Setiap hari 

Jam Kunjungan:

  • 11.00 – 13.00
  • 16.00 – 18.00

2. Selama Rawat Inap

1. Fasilitas dan Layanan Kamar Rawat Inap

Untuk menunjang pengalaman dan kenyamanan bagi pasien selama perawatan rawat inap, RSU Bunda Padang menyediakan berbagai fasilitas di setiap kamar rawat inap, mulai dari layanan komunikasi, televisi, layanan makanan, petugas kebersihan, serta keamanan. 

Baca Juga: Pentingnya Program Skrining Kesehatan Wanita dan Anak di Indonesia

2. Perpindahan Kamar

Pasien memiliki hak untuk memilih fasilitas ruangan apapun dengan mematuhi peraturan yang berlaku. Jika pasien pindah dari ruangan lama ke ruangan baru sebelum jam 12 siang, pasien perlu membayar biaya dengan tarif kamar yang lama. Apabila pasien pindah kamar diatasi jam 12 siang, maka pasien akan membayar biaya dengan tarif kamar baru.

3. Setelah Rawat Inap

Panduan Kepulangan Pasien

Waktu kepulangan pasien adalah pada jam 12 siang. Pasien akan dikenakan biaya setengah dari tarif kamar apabila pasien ingin pulang setelah jam 12 siang sampai 5 sore. Pasien akan dikenakan biaya tarif kamar penuh apabila pulang di atas jam 6 sore.

Informasi Pasien Pulang

Pernyataan kepulangan pasien akan diinformasikan oleh dokter atau perawat. Pasien akan di informasikan mengenai:

  1. Instruksi tentang obat yang akan di bawa pulang
  2. Jadwal check up dengan dokter
  3. Petunjuk kesehatan
  4. Jadwal perawatan di rumah (jika ada)

Panduan Pembayaran

1. Pembayaran Uang Muka

Pasien rawat inap dapat membayar uang muka akan melakukan pembayaran di kasir utama. Apabila menggunakan asuransi dan/atau jaminan perusahaan, pasien dapat menghubungi petugas yang bersangkutan.

2. Pembayaran Tagihan

Anda dapat membayar tagihan di kasir utama pada jadwal berikut:

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Libur : 08.00 – 12.00 WIB 

RSU Bunda Padang menerima berbagai macam cara pembayaran, seperti tunai, kartu kredit, dan kartu debit tertentu untuk menunjang kenyamanan pasien.

3. Berkas yang Perlu Dibawa

Pasien atau wali pasien perlu membawa sejumlah berkas seperti identitas pribadi (KTP, SIM, atau paspor) dan kartu asuransi atau surat jaminan dari perusahaan saat akan melakukan pembayaran. Bunda diharapkan agar mempersiapkan diri dengan baik setelah membaca panduan pasien RSU Bunda Padang ini.

Baca Juga: Apa Itu Medical Body Composition Analyzer? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: