RS Bunda Group

Berita & Artikel

Permudah Isolasi Mandiri di Rumah dengan Telemedicine E-health Bunda

  • Beranda
  • Permudah Isolasi Mandiri di Rumah dengan Telemedicine E-health Bunda
isolasi-mandiri-dengan-telemedicine-bunda-rs-bunda-group

Isoman atau disebut juga sebagai isolasi mandiri merupakan sebuah upaya untuk meminimalisir kemungkinan penularan virus corona kepada orang lain. Isoman biasanya dilakukan setelah ada kontak fisik dengan penderita positif corona atau memang telah positif covid.

Baca Juga: Nikmati Layanan Ruang Rawat Inap Senyaman Rumah Di BIC Bali

Saat terinfeksi, beberapa orang akan mengalami gejala ringan atau berat. Penderita dengan gejala berat sebaiknya segera menuju rumah sakit rujukan. Ada juga beberapa lainnya yang positif tanpa gejala.

Apapun hasilnya, penderita wajib untuk membatasi kontak fisik termasuk dengan tenaga kesehatan yang menangani mereka. Dengan fasilitas telemedicine e-health, Anda kini dapat berkonsultasi jarak jauh dengan lebih nyaman bersama dokter kapan pun dan dari mana pun. Reservasikan kunjungan Anda dengan lebih aman bersama fasilitas RS Bunda Group.

Ketentuan Orang yang Bisa Melakukan Isoman

Peraturan untuk melaksanakan isoman telah dikeluarkan oleh pemerintah semenjak virus ini mulai menyerang selama 2 tahun ke belakang. Meskipun begitu, tidak semua orang wajib melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: Vaksin Covid, Membawa Harapan atasi Virus

Ada beberapa kondisi dimana orang-orang memenuhi syarat melakukan isoman, diantaranya:

  1. Telah terkonfirmasi positif melalui tes PCR, namun infeksi virus tersebut sama sekali tidak menimbulkan gejala. Atau bisa juga ada gejala ringan, seperti flu, batuk, dan sakit tenggorokan yang masih bisa diatasi mandiri.
  2. Mendapatkan hasil tes positif pada saat rapid antigen, namun tidak mendapatkan konfirmasi untuk melakukan tes PCR.
  3. Telah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi covid.
  4. Telah terkonfirmasi positif dari hasil tes pasca melakukan karantina.

Selain itu, penting diperhatikan bahwa meskipun gejalanya ringan atau sama sekali tidak bergejala, akan tetapi isolasi mandiri hanya berlaku untuk orang-orang dengan kondisi berikut:

  1. Berusia kurang dari 45 tahun.
  2. Tidak memiliki penyakit komorbid, seperti jantung, hipertensi, diabetes, bahkan sakit paru-paru akut.
  3. Memiliki ruang tidur yang terpisah satu sama lain di rumah.
  4. Memiliki kamar mandi di dalam kamar atau di dalam rumah.

Apabila ada salah satu ketentuan tidak sesuai dengan apa yang sudah disebutkan maka sebaiknya menempati tempat khusus dari pemerintah, seperti yang disediakan kelurahan setempat. Bisa juga menghubungi tempat yang disediakan khusus, seperti wisma atlet.

Protokol untuk Melakukan Isoman

Isolasi mandiri perlu dilakukan setidaknya selama 10 hari dari waktu diketahui terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penting juga bagi pada penderita positif covid untuk melaporkan diri ke layanan kesehatan, seperti halnya puskesmas setempat bahwa Anda sedang isolasi mandiri.

Tujuannya supaya menurunkan risiko menularkan orang lain, memudahkan pengendalian penyebaran virus, dan mendapatkan pelayanan kesehatan secara layak. Adapun protokol tepat ketika melakukan isoman adalah:

  1. Berhenti dari melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, termasuk melakukan pekerjaan. Konfirmasi juga kepada atasan bahwa Anda beberapa waktu hanya bisa melakukan pekerjaan di rumah.
  2. Jaga jarak dengan orang-orang di rumah. Ini fungsinya memiliki kamar terpisah dari penghuni rumah lainnya serta memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur.
  3. Selalu menggunakan masker meskipun hanya berada di dalam rumah untuk menghindari kemungkinan penularan virus, sesedikit apapun peluangnya.
  4. Protokol isolasi mandiri adalah gunakan perlengkapan makan, mandi, dan seluruh alat sendiri. Pastikan selalu memisahkan semua alat makan dan mencucinya secara bersih.
  5. Bersihkan atau cuci seluruh pakaian terpisah dari anggota keluarga lainnya untuk menghindari terjadinya penularan melalui pakaian.
  6. Manfaatkan pelayanan telemedicine untuk mendapatkan penanganan tepat dari dokter profesional.
  7. Terapkan pola hidup sehat, bukan hanya pada saat terkena virus, namun juga setelah sembuh dan seterusnya. Berjemur di bawah matahari pagi selama 5 sampai 10 menit tiap pukul 9 hingga 10 pagi, banyak makan sayur dan buah, serta minum suplemen adalah solusinya.
  8. Ukur suhu tubuh serta saturasi kadar oksigen dengan alat terpercaya secara berkala.
  9. Jaga komunikasi dengan orang terdekat, meskipun sedang isoman.
  10. Mempersiapkan keluarga atau teman untuk selalu siap siaga menghubungi rumah sakit ketika ada gejala parah saat pelaksanaan isolasi mandiri.

Mutasi virus dalam tubuh terkadang terjadi begitu cepat, ini pentingnya untuk selalu memeriksa saturasi oksigen dan melakukan konsultasi berkala dengan dokter. Saat ini isoman memang pilihan terbaik karena tidak semua pasien positif perlu ke rumah sakit.

Layanan Isolasi Mandiri dari RS Bunda Group

Semakin menyempitnya daya tampung rumah sakit untuk memfasilitasi pasien terdampak coronavirus menjadi salah satu alasan Anda harus berani mengambil keputusan untuk melakukan isoman. Untuk memfasilitasi hal tersebut, RS Bunda Group telah menyediakan layanan telekonsultasi.

RS Bunda Group juga menyediakan fasilitas poliklinik drive thru guna memastikan semua pasien positif corona di manapun mendapatkan pelayanan kesehatan secara layak dan semestinya. Pelayanan ini dikhususkan kepada anak-anak dan balita untuk memeriksakan kesehatan mereka.

Akan ada perbedaan ketika orang dewasa dan balita maupun anak-anak melakukan isolasi mandiri. Orang dewasa dapat mengkomunikasikan apa yang dirasakan dengan komprehensif. Hal ini mempermudah para tenaga medis untuk memberikan solusi pengobatan.

Berbeda dengan anak-anak, keterbatasan pemahaman akan diri sendiri membuat mereka kesulitan mendeskripsikan gejala pada tubuhnya. Isolasi mandiri saja belum cukup, terlebih imunitas tubuh anak jauh lebih rendah dari pada orang dewasa.

Untungnya, saat ini kemajuan teknologi dan kesadaran akan kemanusiaan sudah semakin baik. Keputusan untuk melakukan isolasi mandiri berikut memanfaatkan layanan telemedicine e-health dari RSIA Bunda merupakan perpaduan tepat.

Baca Juga: Ayo! Vaksinasi Covid demi Imunitas Bersama!

Jika Anda membutuhkan bantuan isolasi mandiri, telemedicine RS Bunda Group siap melayani reservasi Anda. Anda hanya perlu menentukan jadwal dokter pilihan, atau kunjungi laman informasi untuk mengetahui layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: