RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

  • Beranda
  • Penting! 16 Rekomendasi Cemilan Sehat Ibu Hamil

Penting! 16 Rekomendasi Cemilan Sehat Ibu Hamil

cemilan-sehat-ibu-hamil-rs-bunda-group

Saat hamil ibu seringkali kelaparan di luar waktu makan, jadi harus sedia cemilan sehat ibu hamil untuk mengatasi perut lapar saat berbadan dua. Ngemil sebenarnya bukan hal yang dilarang pada ibu hamil, hanya saja harus Anda perhatikan dengan seksama jenis makanannya.

Baca Juga: 12 Gerakan Senam Hamil di Rumah yang Mudah Dipraktikkan

Ibu hamil tidak bisa memakan jenis makanan atau minuman tertentu karena bisa membahayakan janin. Jadi, pengetahuan tentang makanan yang boleh dan tidak boleh ibu hamil konsumsi menjadi hal penting.

Kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai beberapa jenis cemilan yang dapat para bumil (ibu hamil) konsumsi, tapi tetap aman untuk janin. Mari simak paparan berikut ini:

Kondisi Tubuh Saat Kehamilan

Baca Juga: Bunda Wajib Paham! Ini Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sebelum Anda menentukan cemilan sehat ibu hamil, ada baiknya kenali dahulu kondisi tubuh saat kehamilan. Sebab setiap bumil memiliki kondisi kehamilan berbeda, mungkin ada yang tidak merasakan banyak keluhan dan sebaliknya.

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jelas bagaimana kondisi tubuh calon ibu dan anak. Dengan berkonsultasi pada dokter spesialis, Anda dapat mengetahahui apakah kandungan sehat atau justru bermasalah.

Selain itu, jagalah kondisi tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat juga memperhatikan asupan gizi dan waktu beristirahat. Sebab hal-hal tersebut akan bantu jaga kondisi bumil selama masa kehamilan.

Pentingnya Atur Pola Makan dan Gizi Bagi Bumil

Asupan gizi bagi bumil merupakan hal penting. Pastikan semua jenis nutrisi terpenuhi baik dari makanan maupun suplemen. Bumil tidak selalu harus makan-makanan berat, tapi juga bisa berbagai cemilan sehat ibu hamil.

Untuk jumlah asupan gizi harus disesuaikan juga dengan usia kehamilan. Misalnya, pada trimester pertama biasanya bumil sulit makan, sehingga harus mengenali pola makannya dulu dan pemberian edukasi tentang kehamilan.

Apabila masuk trimester kedua, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak asam folat, zat besi, dan berbagai nutrisi lain agar janin berkembang sempurna. Sedangkan trimester terakhir adalah untuk penyempurnaan tubuh bayi dalam perut ibu. 

Di trimester terakhir sejak kehamilan melewati usia 6 bulan, bumil harus mulai memakan makanan dalam porsi bagian kecil. Sedikit tapi sering, inilah konsep penting di usia kehamilan mendekati kelahiran.

16 Cemilan Sehat Ibu Hamil

Anda sedang hamil dan sering merasa lapar? Itu wajar saja, jadi tidak perlu takut menjadi gendut dan pilih berbagai cemilan sehat ibu hamil berikut untuk menemani hari-hari Anda:

1. Smoothies Buah dan Sayuran

Cemilan pertama yang memberikan efek kenyang dan berbagai nutrisi menyehatkan bumil adalah smoothies buah atau sayuran, bisa jadi campuran keduanya. Jangan tambahkan gula atau kental manis, sebaiknya ganti dengan madu saja.

2. Yogurt

Siapa yang suka yogurt? Ibu hamil juga perlu mengonsumsi yogurt, karena hasil olahan susu ini kaya manfaat dan bisa dikonsumsi di sela waktu makan. Selain itu, bisa dicampurkan dengan bahan lainnya juga.

3. Overnight Oats

Cemilan sehat ibu hamil lainnya adalah overnight oats yang kaya serat dan nutrisi. Anda akan kenyang lebih lama sehingga beraktivitas menjadi lebih nyaman. Selain itu, juga bantu hilangkan rasa penat serta mual.

4. Salad Buah

Salad buah-buahan juga bisa menjadi pilihan cemilan nikmat. Hindari penggunaan kental manis yang terlalu banyak, sebaiknya gunakan madu saja sebagai pemanisnya.

5. Bubur Kacang Hijau

Pilihan lain adalah bubur kacang hijau atau sari kacang hijau yang memberikan nutrisi serta kaya serat. Segelas sari kacang hijau dapat memberikan rasa kenyang serta energi bagi ibu hamil.

6. Granola

Cemilan ini banyak diperjualbelikan saat ini, terutama dibeli oleh orang-orang yang ingin berdiet sehat. Produk ini juga bagus dikonsumsi oleh bumil karena kandungan nutrisi serta kaya serat.

7. Susu Ibu Hamil

Bagi yang suka minum susu, segelas susu bumil di pagi hari dan malam hari bisa jadi pilihan camilan menyehatkan. Terutama bagi para bumil yang kesulitan makan pada trimester pertama.

8. Cokelat 

Cemilan sehat ibu hamil berikutnya adalah cokelat batangan. Pilih dark chocolate dengan rasa yang sedikit pahit, karena kandungannya lebih baik dibandingkan milk chocolate dengan kalori lebih kecil.

9. Snack Gandum

Snack dari gandum juga dapat Anda jadikan pilihan, terutama snack yang memang dikhususkan bagi bumil. Rasa snack gandum juga enak dan tidak menimbulkan eneg pada bumil.

10. Pisang

Ngemil buah saat hamil sangat bagus, terutama buah-buahan kaya kalium seperti pisang. Anda bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi panganan lain.

11. Biji Bunga Matahari

Bukan cuma hamster, biji bunga matahari juga cemilan yang banyak disukai di Indonesia. Para bumil yang doyan ngemil bisa masukkan biji bunga matahari sebagai salah satu simpanan di rumah.

12. Kacang Mete

Cemilan sehat ibu hamil berikutnya adalah kacang mete yang dipanggang. Rasanya empuk dan kaya akan manfaat sehingga cocok dimakan di sela-sela waktu makan besar.

13. Buah Kering

Buah-buahan kering seperti kismis, kurma, dan lainnya menjadi alternatif lain bagi bumil yang ingin mencari rasa berbeda.

14. Chia Seeds

Biji chia juga bisa dijadikan pilihan lain untuk disimpan dan dimakan saat ingin makan sesuatu. Chia punya banyak kandungan nutrisi baik untuk para bumil.

15. Sayuran Kering

Pilihan cemilan sehat ibu hamil berikutnya adalah sayuran kering seperti brokoli, wortel, bayam, dan lain sebagainya. Hasil olahan ini sehat dan aman dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Pasca Persalinan dengan Teknik ERAS, Apa itu?

16. Cookies Bebas Gula

Bagi pecinta kukis yang sedang berbadan dua, tidak perlu khawatir karena saat hamil juga tetap bisa mengonsumsi makanan ini. Namun, pilih yang dibuat dari oat dan tanpa gula.

Bumil harus memperhatikan asupan gizi selama masa kehamilan, harus tercukupi dengan baik dan tidak boleh berlebihan. Ada banyak pilihan makanan maupun cemilan sehat ibu hamil yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Waspada Hipertensi Dalam Kehamilan: Berbahaya!

Dalam kehamilan, kesehatan ibu dan anak saling berkaitan. Reservasikan pemeriksaan kesehatan berkala Anda di RS Bunda Group untuk mendapatkan hasil yang mendetail. Temukan ahli preferensi Anda di jadwal dokter kami, dan layanan kesehatan lainnya di laman informasi kami.

Bagikan Artikel Ini: