RS Bunda Group

Berita & Artikel

Bunda Wajib Paham! Ini Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

  • Beranda
  • Bunda Wajib Paham! Ini Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil
penyebab-sakit-gigi-pada-ibu-hamil

Banyak orang tidak menyadari bahwa ada banyak penyebab sakit gigi pada ibu hamil. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan jauh lebih mudah untuk mengobatinya. Anda juga bisa melakukan tindakan pencegahan jika suatu saat mengalami gejala yang sama. Berikut adalah beberapa cara mencegahnya.

Baca Juga: Periksa Gigi dengan Pemeriksaan Panoramic

Jenis-jenis Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

1.      Gingivitis

Saat sedang hamil, seorang wanita akan cenderung mengalami beberapa perubahan hormon. Perubahan inilah yang mampu menjadi penyebab sakit gigi pada ibu hamil dan radang pada gusi. Peradangan gusi ini dikenal dalam dunia kedokteran sebagai gingivitis.

2.      Periodontal

Gingivitis juga mampu menyebabkan komplikasi pada area gusi dan gigi. Kondisi tersebut membuat ibu hamil merasakan rasa sakit pada giginya. Penyebab sakit gigi pada ibu hamil ini dikenal sebagai periodontal.

3.      Epulis Gravidarum

Epulis gravidarum juga merupakan salah satu gangguan pada gusi. Saat muncul sebuah benjolan pada gusi, maka akan muncul rasa tidak nyaman. Kondisi tersebut bisa membuat ibu hamil merasa terganggu.

4.      Gigi Berlubang

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa saat hamil, mual, dan muntah adalah hal yang umum. Kondisi tersebut akan membuat gigi terkena asam lambung. Asam lambung akan secara perlahan mengikis enamel gigi. Jika terjadi dalam waktu lama, gigi lebih mudah berlubang.

Penyebab Gangguan

Sebelumnya, Anda telah memahami bahwa ibu hamil bisa mengalami beberapa gejala gigi dan gusi. Perlu dipahami bahwa setiap gejala sakit gigi pada ibu hamil mungkin disebabkan oleh beberapa faktor penyebab:

1.      Perubahan hormon

Saat sedang hamil, tubuh akan lebih sering mengalami perubahan hormon. Perubahan tersebut umumnya berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Artinya, bumil akan jauh lebih rentan terkena infeksi, misalnya penyakit gusi.

Salah satu dampak dari perubahan hormon ini adalah gingivitis. Gangguan tersebut merupakan peradangan yang muncul pada area gusi. Gingivitis bisa membuat bumil merasa tidak nyaman.

2.      Muntah

Dampak dari perubahan hormon sangat besar bagi bumil. Salah satu dampaknya adalah melemahnya katup otot kerongkongan serta lambung menjadi lemah yang membuat seseorang jauh lebih mudah muntah.

Asam lambung yang keluar saat sedang muntah mampu mengikis enamel gigi. Jika hanya terjadi sekali dua kali tidak akan terlalu berdampak. Tapi, jika secara terus-menerus akan menjadi penyebab sakit gigi pada ibu hamil.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Gigi dan Mulut untuk Senyum Indah Nan Sempurna

3.      Kekurangan kalsium

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil lainnya adalah karena kekurangan kalsium. Seperti yang telah diketahui, kalsium adalah kandungan yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Umumnya, kekurangan kalsium bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Asupan makanan berkurang dan kebutuhan kalsium dalam tubuh jadi tidak terpenuhi sehingga gangguan ini dapat lebih mudah untuk dicegah.

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Sebelumnya, Anda telah mengetahui jenis dan penyebab sakit gigi pada bumil. Kini, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa cara mencegahnya.

1.  Tetap Menjaga Kesehatan Gigi

Setidaknya, tetap rutin sikat gigi selama 2 kali sehari adalah salah satu cara efektif menjaga kebersihan mulut. Dengan begitu, penyebab sakit gigi pada ibu hamil bisa dicegah.

2.  Kumur Mulut Sehabis Muntah

Morning sickness sering membuat ibu hamil mengalami muntah-muntah. Untuk mencegah kerusakan, maka sebaiknya segera berkumur. Asam lambung yang keluar mampu memberikan kerusakan pada enamel gigi.

3.  Jangan Konsumsi Makanan Manis dan Karbohidrat Secara Berlebihan

Salah satu penyebab lainnya adalah makanan manis. Maka, cara mencegahnya adalah dengan menghindari makanan manis dan karbohidrat berlebih. Apalagi, makanan manis juga tidak terlalu baik jika berlebihan.

Jika Anda masih menginginkan makanan manis, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gigi untuk menemukan alternatif yang lebih aman bagi ibu hamil.

4.  Konsultasikan Segera dengan Dokter

Cara terakhir jika masih merasakan sakit adalah dengan konsultasi ke dokter gigi. Beda penyebab maka beda juga cara mengatasinya. Itulah mengapa sangat penting jika melakukan konsultasi.

Baca Juga: Lindungi Senyum Anda dengan Rutin ke Poli Gigi

Supaya gejalanya tidak berkepanjangan, maka lebih baik mengunjungi rumah sakit untuk mengkonsultasikan penyebab sakit gigi pada ibu hamil. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: