RS Bunda Group

Berita & Artikel

Percepat Pemulihan Pasca Persalinan dengan Teknik ERAS, Apa itu?

  • Beranda
  • Percepat Pemulihan Pasca Persalinan dengan Teknik ERAS, Apa itu?
percepat-pemulihan-pasca-persalinan-dengan-teknik-eras-apa-itu-rs-bunda-grup

Enhanced Recovery After Surgery atau ERAS adalah metode operasi untuk perawatan bedah guna mempercepat perawatan dan penyembuhan pasca operasi dan persalinan. Metode ini memungkinkan pasien untuk cepat pulih setelah tindakan operasi sehingga pasien tidak perlu berlama-lama di rumah sakit. Dan metode ini memang terbukti secara nyata.

Baca Juga: Keunggulan Operasi Melahirkan dengan Teknik ERAS

Di berbagai negara maju lama penyembuhan dan perawatan setelah operasi memang menjadi suatu hal yang cukup memprihatinkan. Banyak ahli telah berupaya untuk bisa mempersingkat waktu penyembuhan dan perawatan pasca operasi. Maka dari itu kemudian metode ERAS mulai digunakan di berbagai negara untuk mempercepat masa kesembuhan pasca operasi. 

Apa Itu ERAS?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ERAS merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk mempersingkat waktu perawatan dan penyembuhan pada pasien pasca tindakan operasi. 

Metode ini menggabungkan berbagai teknik untuk dapat mempercepat kemampuan mobilisasi dini pada pasien saat sedang menjalani perawatan yang mana hal ini menyebabkan dapat menurun selama operasi sedang berlangsung.

Teknik ERAS umumnya menggunakan pisau sayatan yang khusus sehingga ketika digunakan pada saat proses operasi, tidak banyak merusak jaringan kulit. Hal ini tentu berdampak pada proses pemulihan pasca operasi. Dokter operator biasanya juga akan menjahit fascia dengan teknik jahitan satu-satu, sehingga jaringan yang rusak bisa lebih mudah untuk membentuk jaringan kulit yang baru.

Selain itu, pasien ERAS biasanya juga akan diberikan minuman yang mengandung gula 2 jam sebelum operasi dilakukan. Hal ini bertujuan untuk dapat membantu proses mobilisasi tindakan operasi pada pasien.

Baca Juga: Penyebab Kelahiran Prematur: Waspadai Tiap Faktornya!

ERAS juga memiliki varian ERACS atau Enhanced Recovery After Caesarean Surgery yang merupakan metode operasi untuk bedah persalinan demi keselamatan ibu dan anak.

Rangkaian Proses Melahirkan dengan Metode ERAS

ERAS juga dapat diaplikasikan pada Bunda dalam proses melahirkan agar dapat pulih dengan cepat. Namun, sebelum melakukan prosedur, penting untuk mengetahui beberapa rangkaian proses yang harus dilalui, yaitu:

  1. Dua jam sebelum tindakan operasi, Anda harus mengonsumsi minuman yang mengandung gula sebagai sumber tenaga pada saat menjalani rangkaian operasi. Evaluasi perioperatif (penilaian untuk mendapatkan informasi kelayakan pasien untuk anestesi dan operasi serta menilai risiko pembedahan pasien) juga dilakukan oleh dokter yang akan menangani.
  2. Dokter anestesi akan melakukan penilaian preoperatif yang mana anestesi akan dipilih dengan yang paling sesuai, juga melakukan anestesi menggunakan jarum spinal ukuran kecil agar tidak nyeri saat proses pembiusan.
  3. Dokter kandungan akan melakukan operasi sesuai dengan peran dan ketentuannya. Teknik operasi yang digunakan juga teknik yang paling optimal sehingga operasi lebih cepat dan nyaman.
  4. Selain melakukan anestesi, dokter anestesi juga ikut mengawasi dan memastikan agar setelah proses operasi rasa nyeri dan proses pemulihan kemampuan tubuh untuk bergerak dengan leluasa akan bisa lebih cepat tanpa terjadinya komplikasi yang serius.

Tahap Pemulihan

Setelah Anda melalui proses persalinan, Anda akan memasuki tahap pemulihan. Di tahap ini Anda akan pulih lebih cepat dan sudah bisa pulang dalam 24 jam kedepan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan setelah prosedur:

  • 2 Jam kedepan Anda sudah bisa duduk.
  • 6 Jam kedepan kateter dapat dilepas.
  • 10 Jam ke depan Anda sudah bisa pergi ke kamar mandi sendiri.
  • 24 Jam ke depan Anda bisa pulang.

Baca Juga: 7 Makanan Mempercepat Kehamilan: Bunda Sehat Bayi Sehat!

Dengan metode ini juga para pasien dapat dengan cepat untuk pulang dan beristirahat di rumah. Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut terkait teknik ERAS di RSIA Bunda Ciputat dan RSIA Bunda Jakarta. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group selengkapnya. 

Bagikan Artikel Ini: