RS Bunda Group

Berita & Artikel

Wujudkan Kehadiran Buah Hati Tersayang dengan 7 Program Morula IVF Margonda

  • Beranda
  • Wujudkan Kehadiran Buah Hati Tersayang dengan 7 Program Morula IVF Margonda
wujudkan-kehadiran-buah-hati-tersayang-dengan-program-morula-ivf-margonda

Program Morula IVF Margonda menjadi salah satu layanan unggulan PT Bundamedik Tbk (BMHS) melalui unit usahanya. BMHS menyadari betapa tingginya kebutuhan akan pelayanan program fertilitas yang terstandar baik. Oleh karena itu, BMHS juga terus mengembangkan klinik-klinik fertilitas Morula IVF di Indonesia di bawah payung ‘Morula IVF Indonesia’, yang hingga kini telah memiliki 10 klinik Morula IVF. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraian di bawah ini.

Baca Juga: Poli OBGYN untuk apa? Berikut Perbedaan Obstetri dan Ginekologi

Apa Itu Morula IVF?

Morula IVF merupakan sebuah layanan klinik fertilitas dengan teknologi reproduksi berbantu dimana pasien bisa mengikuti program bayi tabung. Setiap tahun, pertumbuhan dari program ini telah meningkat dan bahkan menyentuh angka 30%. Artinya, banyak orang mulai menyadari bahwa program fertilitas yang ditunjang oleh teknologi modern menjadi pilihan terbaik. Pasien juga terus berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti program Morula IVF ini.

Layanan Bayi Tabung di Morula IVF

Program bayi tabung Morula IVF Margonda menjadi solusi bagi pasangan yang mengalami permasalah kesuburan yang belum dikaruniai buah hati. Bayi tabung (in vitro fertilization) sendiri bisa diartikan sebagai Teknik Reproduksi Berbantu, di mana prosesnya mengawinkan sel sperma dengan sel telur dalam cawan medium tertentu.

Tahapan prosesnya dilakukan di luar tubuh manusia untuk selanjutnya ditanam atau ditempatkan di rahim sang ibu. Proses dari bayi tabung sendiri cukup panjang dan sedikit rumit. Ada beberapa kondisi yang harus dipahami sebelum benar-benar melakukan program ini.

Anda tidak perlu khawatir, karena Morula IVF memiliki program lengkap. Jika Anda sudah yakin dan memenuhi kriteria medis, maka program bayi tabung bisa dilakukan.

Berbagai Layanan Lainnya di Morula IVF

Selain bayi tabung, ada beberapa layanan lain dalam Morula IVF. Berikut adalah beberapa layanan lain di Morula IVF yang bisa Anda coba.

1.      Intrauterine Insemination (IUI)

Dikenal juga dengan nama inseminasi buatan, Intrauterine Insemination adalah layanan kesehatan yang dipakai untuk merawat pasangan infertile (mandul). Biasanya, layanan ini dilakukan untuk mengatasi masalah serius seperti disfungsi seksual hingga impotensi neurologis. Layanan Intrauterine Insemination sendiri telah banyak dipakai di Indonesia. Keberhasilan kehamilan pada IUI biasanya bergantung kecocokan siklus ovulasi secara alami atau adanya stimulasi dari siklus ovarium.

2.      Ovulasi Induksi

Morula IVF Margonda juga menyediakan layanan ovulasi induksi. Layanan ini adalah salah satu program reproduksi berbantu dimana sel telur dibantu pertumbuhannya melalui penggunaan obat penyubur. Pada program ini, kondisi sel sperma dikategorikan normal jika memenuhi beberapa kriteria. Kondisi sel sperma tersebut harus normal baik dari sisi jumlah, bentuk, hingga pergerakannya untuk tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

3.      Tracking Cycle

Tracking cycle sendiri dapat diartikan sebagai pola perhitungan masa subur. Perhitungan ini didasarkan pada beberapa kondisi. Salah satu patokannya adalah siklus haid rata-rata pada pasien wanita.

Baca Juga: Perbedaan Intrauterine Insemination dan IV pada Program Bayi Tabung

4.      VIP Incubator

VIP Incubator adalah layanan kultur embrio di mana teknologi timelapse incubator yang akan mengawasi embrio dari awal hingga akhir. Pengawasan ini dilakukan secara ketat melalui lingkungan terkontrol khusus. Program ini memungkinkan untuk mendapatkan embrio yang berkualitas melalui tahapan penyeleksian secara teliti.

5.      Laparoscopy

Morula IVF Margonda juga menyediakan layanan Laparoskopi di mana prosedur ini mengurangi risiko yang mungkin terjadi dibandingkan dengan bila melakukan operasi besar. Artinya, proses penyembuhannya jauh lebih cepat dengan bekas operasi yang minimal.

6.      MESA, PESA, TESA & TESE

Ini adalah program untuk mengambil sel sperma pada testikel pria. Biasanya tindakan ini dilakukan untuk membantu pria yang memiliki masalah jumlah atau kualitas sel sperma yang dimiliki.

MESA (Microsurgical Epididymal Sperm Aspiration)

Prosedur ini dilakukan untuk pria yang mengalami sumbatan pada pembuluh darah epididimis setelah vasektomi atau yang tidak mempunyai vas deferens bilateral karena faktor gen.

PESA (Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration)

PESA dianjurkan untuk pria yang mengalami azoospermia obstruktif. Kondisi ini muncul karena adanya penyumbatan pada tabung yang bertugas membawa sperma dari testis (buah zakar) ke penis.

TESA (Testicular Sperm Aspiration)

TESA mendiagnosis sekaligus mengatasi azoospermia (tidak ada sel spermatozoa dalam cairan sperma). Metode ini menggunakan jarum halus untuk mengambil sperma dari testis.

TESE (Testicular Sperm Extraction)

Berbeda dengan TESA yang memakai jarum halus, TESE menggunakan sayatan kecil pada buah zakar untuk mengambil sperma.

7.      PGT-A

PGT-A (Pre-Implementation Genetic Testing for Aneuploidy) adalah sebuah teknologi yang bisa dipakai untuk screening kromosom. Tindakan ini dilakukan untuk memaksimalkan tingkat keberhasilan pada program bayi tabung.

Morula IVF menjadi klinik pertama yang memiliki teknologi PGT-A. Artinya, Morula IVF mampu memberikan jaminan lebih baik dalam penyelenggaraan layanan bayi tabung kepada keluarga Indonesia.

Baca Juga: 7 Kondisi Pada Wanita yang Harus Mengalami Histerektomi Total

Jika Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai layanan Morula IVF, Anda bisa mengunjungi situs Morula IVF Indonesia, atau langsung reservasi di BIC Jakarta ataupun RSU Bunda Margonda. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: