RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pemeriksaan USG 2D/3D/4D, Kenali Perbedaannya

  • Beranda
  • Pemeriksaan USG 2D/3D/4D, Kenali Perbedaannya
pemeriksaan-usg-rs-bunda-group

Pemeriksaan USG merupakan sebuah metode pemeriksaan dokter untuk melihat bagaimana keadaan organ tubuh sebenarnya. Dengan begini mereka bisa melakukan diagnosis dan menjalankan beberapa tahapan pengobatan.

Baca Juga: Berkenalan dengan Radiologi: Teknologi Gelombang Pemeriksa Tubuh!

Seiring perkembangan zaman, metode ini sudah berkembang. Bukan hanya 2D saja, tetapi beberapa rumah sakit sudah mengembangkan 3D dan 4D. Dengan perkembangan teknologi ini, dokter dapat memeriksa kondisi pasien dengan lebih akurat berkat teknologi dengan jangkauan yang lebih mendetail.

Pemeriksaan USG 3D dan 4D sangat cocok bagi pasien yang sedang hamil karena mereka bisa melihat bagaimana perkembangan buah hati dari hari ke hari dengan lebih jelas dan dekat. 

Pemeriksaan USG 2D

Pada awal penggunaannya, teknologi ini sangat memudahkan pekerjaan bagi tiap dokter dalam menjalankan tugasnya. Mereka dan pasien bisa melihat sendiri bagaimana keadaan tubuh pasien sekaligus melakukan konsultasi.

Metode ini sendiri biasanya untuk ibu hamil saja pada trimester pertama. Dokter dan orang tua bisa melihat bagaimana keadaan  janin. Apakah ada indikasi kelainan atau berada dalam tahap normal.

Dalam pemeriksaannya dokter serta calon orang tua bisa melihat jenis kelamin, ukuran bayi, serta masih banyak lagi. Tidak heran bila ibu hamil wajib melakukannya sesuai jadwal yang dokter tetapkan.

Pemeriksaan USG 3D

Seperti namanya, pemeriksaan USG 3D memungkinkan calon orang tua untuk dapat mengetahui bentuk calon bayi dengan lebih jelas. Dengan demikian, jika ada masalah pada fisik janin, baik dokter maupun orang tua dapat melihatnya lebih dulu.

Pemeriksaan USG 3D ini sebaiknya dilakukan sesuai indikasi dari dokter kandungan saat  kontrol kehamilan bagi ibu hamil. Untuk pasien dengan kondisi lainnya, sebaiknya hanya untuk kasus khusus saja. 

Selain USG 3D, teknologi kedokteran juga telah mengembangkan USG 4D untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Kapan Harus Melakukan Pemeriksaan Urologi di RSU Bunda Padang?

Pemeriksaan 4D

Teknologi 4 dimensi ini sangat bagus bagi calon orang tua bisa melihat lebih jelas bagaimana organ-organ sang bayi bekerja.

Menariknya lagi, Anda juga dapat melihat bagaimana aliran darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Dengan demikian, pemeriksaan USG 4D cenderung lebih disarankan bagi para perempuan dengan kondisi yang memiliki tingkat risiko kesehatan tinggi.

Salah satu contohnya seperti perempuan cukup lanjut usia tetapi baru memiliki anak. Kondisi ini memang sangat berbahaya untuk keduanya bila saja tidak terkontrol secara intensif. Keadaan tersebut merupakan sinyal berbahaya yang harus Anda perhatikan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa waktu terbaik melakukan pemeriksaan ini ketika usia kehamilan yang memasuki 32 minggu. Karena, pada kondisi ini Anda bisa melihat dan mengamati calon buah hati secara optimal.

Setidaknya secara penampilan sudah terlihat, bahkan orang tua juga mampu melihat sendiri jenis kelamin anak mereka nanti. Bagaimana, tertarik untuk melakukan pemeriksaan dengan teknologi 4 dimensi ini?

Perbedaan USG 2D, 3D, 4D

Mungkin, saat ini Anda sedang bertanya dalam hati sebenarnya apa perbedaan dari ketiganya? Mengapa teknologi kedokteran harus mengembangkannya seperti itu, bukankah hanya 2 dimensi saja sudah cukup?

Satu poin penting yang harus Anda ketahui adalah tampilan layarnya. Artinya, semakin jelas gambar maka lebih banyak hal bisa terdeteksi. Dengan demikian, tidak hanya bentuk bayi, namun kelainan-kelainan yang mungkin ada sebelum kelahiran juga dapat terdeteksi.

Secara singkat, perbedaan 3 teknologi ini adalah sebagai berikut:

  • USG 2D adalah alat standar untuk menilai tumbuh kembang janin.
  • USG 3D memberikan gambaran lebih baik layaknya melihat janin langsung di depan mata kita.
  • USG 4D dapat memperlihatkan gambaran janin yang bergerak.

Pemeriksaan USG 3D dan 4D dapat Anda lakukan saat usia kehamilan 26 hingga 30 minggu. Sebelum usia kehamilan 26 minggu, bayi masih terlalu bebas bergerak sehingga sulit mendapatkan foto bayi dalam keadaan diam. Sementara itu, pada usia kehamilan di atas 30 minggu, kepala bayi telah berada di bawah panggul ibu sehingga sulit untuk melihat wajah bayi.

Ketiga jenis USG tersebut aman untuk dilakukan oleh Bunda. USG umumnya dilakukan empat kali, yakni satu kali di trimester satu dan dua, serta dua kali di trimester tiga. Apabila terdapat kondisi janin yang perlu dipantau dengan ketat, maka USG akan dilakukan lebih sering.

Pemeriksaan USG 2D, 3D, dan 4D RSU Bunda Padang

Berawal dari rumah bersalin kini RSU Bunda Padang merupakan salah satu rumah sakit swasta di bawah naungan RS Bunda Group yang menggunakan fasilitas dan peralatan penunjang untuk menjamin kenyamanan dan perawatan pasien.

Melihat adanya kemajuan teknologi yang canggih pada saat ini, memicu para instansi kesehatan dan teknologi peralatan untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi kesehatan baru juga. RSU Bunda Padang dengan fokus pelayanan pada ibu dan anak juga melengkapi fasilitas pemeriksaan kandungan dan kebidanannya dengan fasilitas Ultrasonografi (USG) 3 dan 4 Dimensi.

Baca Juga: Medical Check Up Bronkoskopi untuk Paru-paru Anda 

Tiap jenis pemeriksaan USG memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Reservasikan konsultasi pemeriksaan Anda dengan ahli dari jadwal dokter kami untuk mengetahui pemeriksaan mana yang sesuai dengan kondisi Anda. Kunjungi juga laman informasi kami untuk layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: