RS Bunda Group

Berita & Artikel

Vaksin HPV Gardasil untuk Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

  • Beranda
  • Vaksin HPV Gardasil untuk Jaga Kesehatan Organ Reproduksi
Vaksin HPV Gardasil untuk Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

Vaksin HPV Gardasil adalah vaksin yang berfungsi untuk melindungi tubuh pria atau wanita. Vaksin ini melindungi tubuh dari penularan infeksi human papillomavirus (HPV) yang mudah sekali menular. Beberapa tipe human papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan infeksi di permukaan kulit, serta berpotensi menyebabkan kanker serviks pada wanita, kanker bagian belakang tenggorokan, pangkal lidah, amandel, kanker vulva, vagina. Selain itu juga menyebabkan kanker penis maupun pada anus.

Baca Juga: Pentingnya Vaksin HPV Pada Anak dan Dewasa

Apa Itu Vaksin HPV Gardasil?

Vaksin HPV Gardasil merupakan salah satu jenis pendukung imunitas tubuh manusia untuk mencegah penularan penyakit kanker yang menyerang beberapa organ tubuh, akan tetapi vaksin ini belum bisa digunakan untuk media penyembuhan penyakit kanker.

Vaksinasi ini bisa mencegah penularan virus dan kanker seperti kanker serviks, vagina, anus, dan vulva. Pada laki-laki, vaksinasi ini berguna untuk mencegah penularan kanker penis.

Mengenal Human papillomavirus (HPV)

HPV juga merupakan virus penyebab kutil kelamin yang hidup pada sel-sel kulit dan memiliki lebih dari 100 jenis. Ada 60 jenis HPV penyebab kutil yang menginfeksi kaki dan tangan, sedangkan 40 lainnya menyebabkan kutil kelamin. Infeksi virus HPV umumnya ditandai dengan kemunculan kutil berikut:

  • Kutil biasa, berupa benjolan bulat yang kasar.
  • Mata ikan, berbentuk rata dengan lubang di tengahnya. Kutil jenis ini terkadang disertai titik-titik hitam.
  • Kutil datar (flat wart), berbentuk seperti bekas cakar di kulit. Warnanya bervariasi, mulai dari cokelat, kuning, hingga merah muda.
  • Kutil filiform, berupa bintil daging yang tumbuh berwarna seperti kulit.
  • Kutil periungual, biasanya tumbuh di kaki dan tangan. Bentuknya pecah-pecah, seperti kembang kol dan menebal di lempeng kuku.
  • Kutil kelamin, berupa lesi datar dan benjolan dengan permukaan mirip kembang kol. Kutil jenis ini disertai rasa gatal di area kelamin.

Waktu Terbaik Pemberian Vaksin HPV

Vaksin HPV Gardasil direkomendasi sejak usia 9-19 tahun, atau ketika organ kelamin belum aktif secara seksual. Biasanya vaksin diberikan sebanyak 2-3 kali sebelum seseorang aktif berhubungan intim.

Baca Juga: Apa Itu Kanker Endometrium: Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Pemberian vaksin HPV juga mampu mengurangi risiko kutil kelamin hingga lebih dari 50 persen. Perlu diketahui juga bahwa vaksinasi HPV berpotensi menimbulkan efek samping ringan, meliputi nyeri pada area suntikan, pusing, sakit kepala, dan flu.

Vaksinasi HPV Gardasil direkomendasikan bagi semua orang yang yang belum pernah mendapatkan vaksinasi tersebut hingga batas usia 26 tahun. Vaksin HPV tidak dianjurkan bagi orang yang sudah di atas 26 tahun. Pada beberapa kasus, orang dewasa yang berusia 27-45 tahun yang belum divaksinasi masih bisa mendapatkan vaksin HPV bila berisiko terkena infeksi kelamin tersebut dan setelah membicarakannya dengan dokter.

Meski dimaksudkan untuk mencegah infeksi, pada beberapa kasus, HPV juga berfungsi sebagai pengobatan yang bertujuan membersihkan virus kutil kelamin pada seseorang. Jadi, pengidap kutil kelamin juga bisa mendapatkan vaksinasi HPV.

Selain vaksinasi, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan perilaku seksual yang aman guna mencegah kutil kelamin. Hal ini dapat dilakukan dengan hanya memiliki satu pasangan seksual, serta selalu menggunakan pelindung seperti kondom selama aktivitas seksual.

Efek Samping Vaksin HPV

Manfaat utama dari vaksin HPV Gardasil adalah mencegah penyakit kanker, dan seperti vaksin lain, vaksin HPV Gardasil, vaksin ini memiliki efek samping setelah proses injeksi. Efek samping yang paling umum adalah reaksi nyeri, kemerahan, memar, dan bengkak pada titik injeksi di tubuh. Beberapa pasien dapat mengalami demam, sinkop, sakit kepala, mual, myalgia, ruam, urtikaria, pusing, dan rasa lelah setelah vaksinasi.

Baca Juga: Pencegahan Kanker Serviks yang Perlu Bunda Ketahui

Di samping aktif tidaknya kehidupan seksual Anda, penting untuk mencegah penyakit untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan Anda.Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group selengkapnya. genai layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: