RS Bunda Group

Berita & Artikel

13 Penyakit Gigi dan Mulut yang Paling Umum

  • Beranda
  • 13 Penyakit Gigi dan Mulut yang Paling Umum
penyakit-gigi-dan-mulut-yang-paling-umum-rs-bunda-group

Masalah penyakit gigi dan mulut menjadi gangguan yang sangat meresahkan bagi banyak orang. Selain membuat diri sendiri tidak nyaman, penyakit gigi dan mulut juga mempengaruhi bau mulut sehingga orang lain akan merasa kurang nyaman saat berbicara dengan kita. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali dampak negatif jika mulut mengalami gangguan. Sayangnya, masih banyak orang tidak mengenali gejala dari penyakit yang ada pada mulut maupun gigi.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Gigi dan Mulut untuk Senyum Indah Nan Sempurna

Ada banyak sekali gangguan yang bisa muncul pada area tubuh tersebut. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda perlu mengenali beragam gangguan yang bisa terjadi pada mulut.

Penyakit Gigi dan Mulut

Paling tidak, ada 13 gangguan umum yang bisa terjadi pada area gigi dan mulut. Dengan memahami setiap gangguan tersebut, maka Anda bisa melakukan tindakan pencegahan supaya tidak berubah menjadi gangguan yang fatal.

1.      Sariawan

Sariawan adalah salah satu gangguan yang sangat umum terjadi kepada siapa saja. Gangguan ini tidak mengenal umur atau gender. Namun, Anda bisa mencegahnya jika menjaga kebersihan mulut. Perlu diketahui bahwa sariawan terjadi karena ada jamur, luka tergigit, atau karena pemakaian gigi palsu. Banyak orang menganggap bahwa sariawan juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan Vitamin C.

2.      Gigi Berlubang

Penyakit gigi dan mulut selanjutnya adalah gigi berlubang. Gangguan ini sering terjadi karena jaringan gigi telah berubah menjadi karies. Jika merasakan gejalanya, maka segera pergi ke dokter untuk konsultasi. Anda bisa mengunjungi RSU Bunda manapun untuk konsultasi mengenai gejala tersebut. Akan jauh lebih baik jika melakukan tindakan pencegahan. Dengan begitu, gangguan tersebut tidak berubah menjadi lebih berat.

3.      Gusi Berdarah

Ada juga gangguan berupa gusi berdarah yang bisa terjadi kepada siapa saja. Biasanya, jika sudah sampai berdarah maka ada yang salah dengan bagian tersebut. Salah satunya adalah karena kondisi kotor pada gusi. Anda bisa membeli obat khusus, namun jika pendarahan tidak juga berhenti dan masih terasa sakit maka lebih baik segera konsultasi ke dokter atau ahli gigi.

4.      Gigi Abrasi

Gangguan lain yang juga sering muncul adalah gigi abrasi. Penyakit gigi dan mulut tersebut diakibatkan oleh gesekan yang terlalu kuat secara terus menerus. Biasanya, gangguan seperti ini diakibatkan oleh banyak faktor, seperti terlalu keras dalam menyikat gigi. Oleh sebab itulah cara mencegahnya adalah dengan memperbaiki cara menyikat gigi agar lebih lembut namun tetap membersihkan gigi secara menyeluruh.

5.      Lubang Besar di Gigi dan Sisa Akar

Perlu dipahami bahwa karena jarang merawat area mulut, maka bisa muncul lubang besar pada gigi. Umumnya, makanan manis dan tidak meratanya saat menyikat gigi adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit gigi dan mulut ini. Kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa sakit pada area mulut. Bahkan, saat makan pun akan terasa tidak nyaman.

6.      Kanker Mulut

Salah satu penyakit gigi dan mulut yang sangat berbahaya jika dibiarkan. Penyebabnya bisa sangat beragam, termasuk kurangnya menjaga kebersihan area mulut sehingga terjadi penumpukkan bakteri. Jika dibiarkan, dampaknya bisa meluas ke seluruh area tubuh. Apalagi, rasa tidak nyaman bisa timbul kapan saja dan Anda tidak bisa lagi menikmati makanan seperti sebelumnya.

7.      Tumor Mulut

Selain kanker mulut, tumor mulut juga menjadi salah satu gangguan yang sangat berbahaya. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itulah Anda harus berhati-hati. Tumor pada area mulut terjadi saat ada benjolan daging yang tumbuh. Benjolan tersebut mampu mengganggu jaringan hidup pada area mulut rusak. Jadi, segera konsultasikan ke ahli atau dokter gigi jika muncul keanehan atau kejanggalan pada mulut.

Baca Juga: Periksa Gigi dengan Pemeriksaan Panoramic

8.      Periodontitis

Gangguan ini terjadi pada gusi di mana bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak. Artinya, Anda tidak boleh menganggapnya sebagai gangguan ringan. Jika dibiarkan, Anda bisa saja mengalami kerontokan gigi.

9.      Gingivitis

Penyakit ini pada dasarnya hampir sama dengan periodontitis. Gangguan ini sendiri merupakan peradangan pada area gusi yang menyebabkan bengkak. Jika mengalami gejalanya, segera pergi ke poli gigi untuk melakukan konsultasi dan penanganan yang tepat.

10.    Erosi Gigi

Penyakit gigi dan mulut lainnya adalah terkikisnya enamel gigi. Biasanya, hal ini karena terlalu sering terkena asam. Salah satu penyebabnya adalah saat Anda muntah dan mengeluarkan asam lambung.

11.    Glositis

Peradangan bukan hanya terjadi pada gusi, tapi juga terjadi pada lidah. Dalam beberapa kasus yang parah, glositis dapat mengganggu jalan nafas. Sebaiknya segera pergi ke dokter gigi jika Anda mulai merasa lidah kurang nyaman.

12.    Tumbuh Gigi Bungsu

Gangguan ini memang jarang terjadi, tapi saat sudah mulai terasa gejalanya akan membuat tidak nyaman. Pertumbuhan ini seringkali menimbulkan sensasi sesuatu yang mengganjal pada mulut dan terkadang menyebabkan rasa nyeri.

13.    Gigi Hipersensitif

Gangguan lainnya adalah gigi hipersensitif. Gangguan ini bisa dirasakan saat Anda mengkonsumsi makanan atau minuman dan merasakan ngilu. Biasanya, hal ini terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi terlalu dingin.

Baca Juga: Lindungi Senyum Anda dengan Rutin ke Poli Gigi

Beberapa gangguan pada mulut dapat berkembang menjadi kondisi fatal apabila tidak kunjung ditangani. Itulah mengapa Anda perlu melakukan pemeriksaan dental untuk memastikan kesehatan mulut dan gigi Anda terjaga. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: