RS Bunda Group

Berita & Artikel

7 Makanan Mempercepat Kehamilan: Bunda Sehat Bayi Sehat!

  • Beranda
  • 7 Makanan Mempercepat Kehamilan: Bunda Sehat Bayi Sehat!
makanan-mempercepat-kehamilan-bunda-sehat-bayi-sehat-rs-bunda-group

Banyak pasangan yang menginginkan untuk hamil dengan cepat. Dalam hal tersebut, tentunya faktor kesuburan harus sangat diperhatikan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan mempercepat kehamilan. Makanan-makanan penyubur ini dapat mempengaruhi tubuh dengan meningkatkan atau menurunkan hormon tertentu. Mulai dari makanan alami, hingga yang diformulasikan khusus dalam rangka program hamil.

Oleh sebab itu, saat melaksanakan program hamil, dokter akan menyarankan Bunda untuk mengonsumsi makanan penyubur yang memiliki nutrisi ideal untuk program kehamilan.

Baca Juga: Pelajari Poli Kebidanan dan Kandungan Lebih Dalam

7 Makanan yang Dapat Menyuburkan Kandungan

Dalam proses persiapan kehamilan, makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Paling tidak, makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Selain memiliki nutrisi lengkap, makanan di bawah ini dapat meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat memaksimalkan kinerja organ reproduksi. Ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3 di antaranya adalah salmon, sarden, ikan kembung, dan tuna.

2. Olahan Susu

Produk olahan susu merupakan makanan mempercepat kehamilan karena dapat meningkatkan kesehatan organ reproduksi. Contoh dari makanan olahan susu yang bisa Bunda coba adalah keju, yogurt, dan lain sebagainya. Jika Bunda dalam program diet, maka pastikan pilih makanan rendah lemak.

3. Makanan Sumber Protein Hewani dan Nabati

Protein dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, baik pria maupun wanita. Untuk protein hewani, Bunda bisa mendapatkannya dari daging dan telur. Sedangkan untuk protein nabati, sumbernya adalah kacang-kacangan.

4. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan antioksidan. Kandungan tersebut terbukti dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat melindungi sistem reproduksi dari kerusakan dan penuaan sel.

5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari gandum, serealia, biji-bijian utuh, dan produk olahannya. Makanan jenis ini kaya akan kandungan vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang bermanfaat mempercepat kehamilan.

6. Makanan Sumber Asam Folat

Selain dari suplemen, asam folat juga dapat diperoleh secara alami dari bayam, brokoli, kacang-kacangan, alpukat, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi asam folat dapat mempercepat kehamilan dan mencegah autisme bayi.

7. Makanan dengan Kandungan Zinc

Zinc memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas sel telur. Selain itu, zat ini juga berguna untuk melancarkan siklus haid. Contoh makanan kaya akan zinc adalah tiram, biji-bijian utuh, susu, daging, dan telur.

Makanan dan Minuman yang Dihindari Selama Program Hamil

Selain jenis makanan mempercepat kehamilan, ada juga makanan dan minuman yang  perlu Bunda hindari karena dapat menurunkan kesuburan organ reproduksi. Berikut ini adalah daftar makanan tersebut:

  • Makanan dengan kandungan lemak trans, misalnya junk food. Berdasarkan penelitian oleh Chavarro (2007) dalam artikel berjudul Diet and Lifestyle in The Prevention of Ovulatory Disorder Infertility, 2% lemak trans bisa memberikan dampak hingga 75% yang dapat menghambat produksi hormon tubuh.
  • Makanan manis yang memiliki kadar gula tinggi. Gula dapat memengaruhi produksi insulin dalam darah yang memberikan dampak buruk pada ovarium.
  • Mengonsumsi karbohidrat berlebih. Semakin banyak karbohidrat yang dikonsumsi, maka risiko ketidaksuburan semakin meningkat.
  • Makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan coklat. Penelitian Weng dan tim (2008) dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi Bunda hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Alkohol dan berbagai minuman yang mengandung senyawa. Alkohol dapat menyebabkan risiko infertilitas.
  • Minuman bersoda memiliki kadar gula tinggi yang menyulitkan proses kehamilan.

Baca Juga: Waspada Hipertensi Dalam Kehamilan: Berbahaya!

Untuk mengetahui konsumsi yang wajib selama masa kehamilan, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli dan dokter untuk mendapatkan saran yang akurat. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group selengkapnya. 

Bagikan Artikel Ini: