News

RSU Bunda Jakarta Kenalkan Layanan Endocrine Center

blog article

Gangguan endokrin adalah penyakit yang terkait dengan sistem endokrin pada tubuh. Sistem endokrin sendiri yaitu jaringan kelenjar penghasil hormon yang merupakan sinyal kimia yang dikeluarkan melalui aliran darah.

Hal inilah yg mendasari RSU Bunda Jakarta sebagai rumah sakit yang mengedepankan pelayanan prima serta kenyamanan pasiennya, untuk terus mengembangkan layanannya dengan menghadirkan teknologi medis terkini dan terus memperbaiki diri untuk menyediakan layanan medis yang terbaik, meskipun masih pandemi, tetap berinovasi dalam hal fasillitas rumah sakit yang semakin lengkap dengan menghadirkan layanan inovatif dan terintegrasi bernama ‘Endocrine Center’ sebagai Pusat layanan kesehatan endokrinologi terbaik untuk keluarga.

Secara lebih dekat, layanan ‘Endocrine Center’ adalah Pusat layanan medis terbaru di RSU Bunda Jakarta, sebagai pusat pemeriksaan endokrin untuk mendiagnosis pasien yang menderita penyakit terkait hormon. Kondisi medis terkait hormon dapat berupa gangguan metabolik, reproduksi, persepsi sensori dan respirasi, termasuk kondisi metabolik paling umum yang ditangani oleh para endokrinologi berupa diabetes, gangguan kolesterol dan tiroid.

Seputar kehadiran pelayanan terbaru ‘Endocrine Center, RSU Bunda Jakarta sebagai penyedia layanan kesehatan terus melakukan inovasi produk terpadu. RSU Bunda Jakarta terus mengembangkan layanan kesehatan terintegrasi yang didukung oleh jajaran dokter terbaik di bidangnya dan peralatan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi”, ujar Dr Feronika MARS

Berikut tanda-tanda atau gejala yang harus diperhatikan pada gangguan sistem endokrin:

Dr Feronika MARS selaku Direktur RSU Bunda Jakarta menjelaskan bahwa RSU Bunda Jakarta terus berkomitmen untuk senantiasa memberikan mutu dan pelayanan terbaik bagi pasiennya. “Kami sangat antusias dan bangga dapat menghadirkan Pusat Layanan Terbaru yang inovatif dan terintegrasi di RSU Bunda Jakarta di tahun 2021 bernama ‘Endocrine Center’ yang sangat bermanfaat untuk mengetahui penyakit terkait hormon. RSU Bunda Jakarta  menyediakan layanan kesehatan ‘Endocrine Center’ sebagai pusat perawatan dan pemeriksaan kesehatan yang nyaman dan inovatif dengan dukungan teknologi canggih dan tim dokter yang pengalaman di bidangnya. Sebagai institusi kesehatan terpadu, kami memiliki tanggung jawab untuk terus berinovasi baik secara teknologi maupun pelayanan demi kepentingan pasien”, ungkap Dr Feronika MARS

Kelenjar endokrin menghasilkan hormon ‘pembawa pesan’ yang akan ditindaklanjuti oleh organ tubuh lainnya. Ada delapan kelenjar endokrin, yaitu kelenjar hipotalamus dan hipofisis di otak, kelenjar tiroid (gondok) di leher bagian depan, kelenjar paratiroid didekat kelenjar tiroid, kelenjar adrenal (suprarenalis) di kutub atas ginjal kiri-kanan, kelenjar gonad (kelamin) pada testis dan indung telur, kelenjar pankreas serta kelenjar timus dibawah tulang dada.

Gangguan pada setiap kelenjar bisa menyebabkan penyakit yang berbeda-beda. Gangguan paling banyak terjadi pada kelenjar pankreas yang menyebabkan penyakit diabetes melitus sebanyak 75% dari gangguan endokrin secara keseluruhan.

Gangguan lain adalah gangguan kelenjar tiroid, penyebab penyakit gondok (15-20 persen). Sisanya merupakan gangguan pada kelenjar lainnya yang memunculkan berbagai penyakit seperti disfungsi ereksi, gangguan hormonal, gangguan hipofisis, bahkan keganasan (kanker). Gangguan hormon juga bisa menyebabkan malnutrisi ataupun kelebihan nutrisi. Asupan nutrisi yang salah atau gangguan sistem pencernaan juga bisa menjadi penyebab gangguan regulasi hormon.


Informasi dan Pendaftaran :
Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.