News

Dari Pemeriksaan Urologi Hingga Onkologi, Inilah Centre of Excellence

blog article

BMHS atau Bundamedik Healthcare System adalah sistem provider layanan kesehatan dengan teknologi mutakhir. BMHS berkomitmen dan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan terdepan. Salah satunya yaitu dengan selalu berinovasi, dan melahirkan Centre of Excellence (CoE) di berbagai unitnya. Salah satunya di RSU Bunda Jakarta, akan kami jelaskan tentang CoE untuk pemeriksaan urologi dan onkologi CoE beserta seluruh keunngulannya.

Pemeriksaan Urologi di RSU Bunda Jakarta

Kelainan pada saluran kemih pria dan wanita membutuhkan pemeriksaan urologi untuk diagnosis dan penanganannya, tergantung lokasinya; uretra, ureter, atau ginjal. Buang air kecil tidak lancar tidak hanya menyiksa kandung kemih, tetapi juga memicu penumpukan cairan pada ginjal. Ketika saluran buang air kecil tidak lancar maka Anda wajib waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh mereka; terutama untuk menyaring berbagai racun yang dihasilkan dari metabolisme tubuh.

Manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi untuk menyaring racun dari dalam tubuh. Kesehatan ginjal harus selalu terpelihara dengan baik, orang dengan gangguan ginjal tidak bisa melakukan berbagai aktivitas berat, dan selalu berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta teratur minum obat guna mencegah terjadinya komplikasi maupun hal yang tidak diinginkan lainnya. Sebelum penyakit berkembang menjadi semakin parah dan mengganggu kesehatan serta aktivitas harian, apalagi jika Anda masih muda dan produktif, maka penting sekali untuk melakukan pemeriksaan meskipun gejala yang dirasakan tidak parah. Semakin parah derajat penyakit saat pertama kali berobat, maka penyembuhan juga membutuhkan waktu semakin lama.

Bila Anda memerlukan pemeriksaan urologi, Bunda Urology Centre menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pembuangan air kecil yang lengkap. Adapun berbagai penyakit yang diperiksa, meliputi:

1. Batu Saluran Kemih

Penyakit ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada pria, tetapi juga wanita. Awalnya ukuran batu seperti kerikil kecil pada ginjal tidak menyebabkan keluhan. Keluhan terjadi ketika ukuran batu tersebut semakin membesar dan mengganggu pembuangan urin.

2. Infeksi Saluran Kemih

Biasanya infeksi terjadi di sekitar kandung kemih dan juga uretra. Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua jenis, yang pertama infeksi saluran kemih bagian bawah yang memiliki tingkat kesembuhan lebih tinggi, serta infeksi saluran kemih bagian atas dengan tingkat resiko lebih tinggi sebab dapat memicu urosepsis.

3. Kelainan Kelenjar Prostat

Kelainan ini ditandai dengan kondisi prostat yang semakin membesar secara tidak normal pada pria. Ketika ukuran prostat semakin membesar, maka prostat tersebut akan menekan saluran kemih sehingga mengakibatkan BAK sulit keluar saat ada hasrat ingin buang air kecil.

Penyakit ini tidak mematikan, tetapi dapat mengganggu pasien laki-laki dalam hal fertilitas, yang juga bisa dikonsultasikan sekaligus di sini. Bersama para tenaga kesehatan profesional, konsultasi pemeriksaan urologi Anda akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Pemeriksaan Onkologi di RSU Bunda Jakarta

Tadi kita telah mempelajari tentang apa itu pemeriksaan urologi. Sekarang kita akan mempelajari tentang pemeriksaan onkologi. Apa itu onkologi? Secara sederhana, onkologi adalah bidang kedokteran yang khusus menangani deteksi, pengobatan dan pencegahan penyakit kanker. Dokter spesialis di bidang onkologi di sebut sebagai onkolog.

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang turut menyumbang sebagai angka kematian tertinggi. Kanker dapat menimpa siapa saja, tidak terbatas pada gender maupun usia. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Untuk menangani penyakit ganas ini, RSU Bunda Jakarta memiliki layanan pemeriksaan onkologi. Berikut ragam pelayanannya.

1. Screening dan Diagnostik

Screening dan diagnostik adalah istilah kedokteran dari pemeriksaan dan penegakan diagnosis penyakit dan kondisi kesehatan pasien. Dari sini dapat diketahui secara valid organ tubuh mana yang memiliki penyakit keganasan.

2. Surgery dan Kemoterapi

Jika terdeksi adanya kanker, maka rumah sakit Bunda  akan menyarankan berbagai prosedur penanganan, salah satunya yaitu operasi. Seberapa sulit operasinya, tergantung pada seberapa parah kondisi kesehatan pasien kanker tersebut. Selepas operasi akan dilakukan kemoterapi jika memang diperlukan.

3. Perawatan Paliatif

Perawatan paliatif yakni pendekatan medis yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga pasien yang mengalami penyakit ganas, melalui pencegahan dan prosedur untuk mengurangi nyeri, keterbatasan fisik, sosial, dan spiritual yang dialami pasien selama menjalani pengobatan.

Perawatan ini tak hanya dilakukan bagi penderita kanker stadium lanjut, tapi juga untuk penyakit lain seperti AIDS, diabetes, dan masalah pada saraf yang tidak dapat disembuhkan.

Demikianlah penjelasan tentang CoE RSU Bunda Jakarta yang dapat dilihat dari ragam pemeriksaan yang tersedia. Baik pria maupun wanita, dan terlepas dari berapapun usianya, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga kesehatan. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, Center of Excellence pada RSU Bunda Jakarta bisa menjadi andalan bagi Anda.


Informasi dan Pendaftaran :
Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.