News

RSM Oncology BMHS Hadirkan Pemeriksaan Skrining hingga Bedah Onkologi

blog article

Seorang penderita kanker tentunya perlu mendapatkan penanganan serta perawatan khusus, mulai dari pemeriksaan medis hingga prosedur bedah onkologi. Keganasan merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Menurut laporan yang dirilis oleh website Kementerian Kesehatan RI, angka penderita kanker di Indonesia tergolong tinggi. Angka tersebut menempati urutan ke-8 di Asia Tenggara dan urutan ke-23 di seluruh Asia. Laporan tersebut menunjukkan perlu ada layanan ekstra yang menangani pasien dengan penyakit mematikan itu. BMHS (Bundamedik Healthcare System) sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan juga turut menyediakan pemeriksaan dan Prosedur onkologi termasuk bedah.

Mengenal Apa Itu Bedah Onkologi

Bedah atau operasi onkologi yaitu prosedur medis untuk menangani pasien dengan penyakit yang diakibatkan oleh tumbuhnya sel-sel kanker di dalam organ tubuh. Tujuan utama dilakukannya prosedur ini yaitu untuk mengangkat sel kanker yang menggerogoti tubuh agar tidak tumbuh semakin ganas dan menyebabkan permasalahan kesehatan yang lebih parah. Pengangkatan sel kanker melalui Prosedur operasi atau bedah memang tidak serta merta dapat menyembuhkan penyakit mematikan tersebut. Kendati demikian, operasi onkologi adalah bagian penting dalam penanganan penyakit mematikan tersebut.

Operasi bukan satu-satunya Prosedur dalam penanganan dan perawatan kanker, namun terdapat juga prosedur perawatan lainnya. Misal pengobatan biologi, terapi radiasi, hingga prosedur kemoterapi. Sementara itu, bedah onkologi dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan tujuannya, antara lain operasi pencegahan, operasi pemeriksaan, penentuan stadium kanker, operasi untuk pengobatan awal, hingga untuk menghilangkan gejala. Sebelum menjalani Prosedur operasi onkologi, pasien tentu perlu melakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu, yakni melalui tahapan screeningdan diagnostickanker. Screening dan diagnostik bertujuan untuk mendapatkan diagnosis secara tepat.

Proses screeningdilakukan dengan berbagai cara, misalnya pemeriksaan fisik untuk mengobservasi dan menilai bagian tubuh dengan ciri yang diduga gejala kanker. Wawancara tentang riwayat kesehatan pasien juga termasuk metode screening. Metode lain untuk screeningagar mendapatkan diagnosis secara tepat yaitu dengan melakukan pengujian laboratorium. Pada beberapa kasus, terkadang pasien juga perlu menjalani tes genetik.

Penyakit yang Ditangani oleh Spesialis Onkologi

Kanker sendiri terdapat banyak jenisnya dan perlu mendapatkan penanganan yang sesuai. Beberapa penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis onkologi dan perlu mendapat perawatan bedah onkologi antara lain sebagai berikut.

  1. Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit paling mematikan bagi para wanita karena sel-sel ganas tersebut menyerang bagian rahim. Pada stadium awal, penderita penyakit ini biasanya tidak merasakan gejala signifikan. Baru ketika sel-sel ganas mulai menyebar secara aktif, penderita akan merasakan gejalanya. Memeriksakan diri di pusat layanan kesehatan terpercaya dapat membantu penanganan penyakit ini, sehingga penyebaran sel kanker tersebut bisa diangkat.

  1. Kanker Paru

Penyakit ini terjadi apabila sel-sel ganas terbentuk dan menyebar pada bagian paru-paru. Kebanyakan penderitanya adalah mereka yang memiliki kebiasaan merokok, sehingga penyakit mematikan tersebut banyak diderita oleh kaum pria. Gejala yang perlu diwaspadai antara lain sesak napas, nyeri pada bagian dada, penurunan berat badan secara drastis, batuk kronis, hingga batuk darah. Sayangnya, gejala biasanya belum terlalu dirasakan pada stadium awal.

  1. Kanker Kulit (Melanoma)

Melanoma terjadi apabila sel-sel ganas menyerang melanosit, yaitu sel pigmen penghasil melanin pada kulit. Melanoma sangat berbahaya sehingga perlu mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat. Selain ketiga penyakit di atas, ada banyak jenis kanker lainnya yang juga ditangani oleh dokter spesialis onkologi, misalnya kanker payudara, nasofaring, ovarium, hingga leukemia.

Segera periksakan diri Anda maupun keluarga apabila terdapat tanda-tanda yang mengarah pada penyakit kanker. Selain pemeriksaan, upaya penyembuhan dengan menjalani bedah onkologi di RSM Oncology, unit bisnis milik BMHS (Bundamedik Healthcare System) dapat menjadi pilihan tempat yang tepat.


Informasi dan Pendaftaran :
Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.