News

Dari Robotic Surgery hingga Laparoskopi, Inilah Teknologi ARMIS

blog article

Dunia kesehatan kini semakin maju dengan hadirnya teknologi untuk prosedur medis operasi, yakni robotic surgery. Kesehatan menjadi salah satu aspek terpenting dalam kehidupan karena menyangkut kemampuan serta kenyamanan dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, dunia kedokteran memiliki peran penting dalam pengobatan berbagai penyakit yang diderita oleh manusia di seluruh dunia.

Dari waktu ke waktu, dunia kedokteran menghadirkan berbagai terobosan baru, baik dalam ilmu pengetahuan maupun peralatan. Seiring semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai metode serta pengobatan medis. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan mesin robotik untuk prosedur pembedahan. BMHS (Bundamedik Healthcare System) menghadirkan ARMIS, Advanced Robotic Minimal Invasive Surgery, yaitu layanan bedah khusus yang dilakukan oleh tim dokter bedah profesional dan terlatih dengan pemanfaatan teknologi canggih serta mutakhir guna menimimalisir sayatan besar pada pembedahan. Hal ini membuat perawatan bisa lebih efektif dan masa penyembuhannya lebih cepat.

Prosedur Medis Robotic Surgery dan Aplikasinya

Salah satu teknologi unggulan yang dipakai oleh tim ARMIS (Advanced Robotic Minimal Invasive Surgery) BMHS yaitu bedah robotik. Sesuai dengan namanya, prosedur bedah ini melibatkan sistem robot dalam implementasinya. Meski demikian, bukan berarti prosedur pembedahan tersebut seluruhnya dikendalikan oleh robot. Sistem robot hanya digunakan sebagai pendukung dengan memanfaatkan sistem komputerisasi.

Pada prosedur ini, peran dokter bedah tetap menjadi yang utama. Bedah robotik tidak dapat berjalan secara begitu saja dengan sendirinya tanpa kendali dokter. Dokter bedah alias tetap bertanggung jawab penuh dalam membuat keputusan medis selama pembedahan berlangsung. Aplikasi atau penerapan robotic surgery meliputi beberapa penanganan pada layanan spesialisasi seperti urologi, ginekologi, bedah jantung dan toraks, bedah onkologi, operasi THT, hingga bedah digestif. Berikut ini beberapa contoh aplikasinya.

  1. Bidang Urologi

Jenis operasi pada bidang urologi yang dapat mengaplikasikan prosedur operasi robotik yaitu radikal prostatektomi, donor nefrektomi, nefrektomi, sistektomi, hingga implantasi ureter. BMHS (Bundamedik Healthcare System) memiliki tenaga spesialis urologi yang siap menangani Prosedur ini.

  1. Bidang Ginekologi

Dalam wilayah ginekologi, jenis operasi robotik bisa diaplikasikan pada prosedur histerektomi total dan radikal, reanastomosis tuba, serta miomektomi dan kistektomi. BMHS (Bundamedik Healthcare System) melayani prosedur ini dan dilakukan oleh spesialis ginekologi yang terlatih.

  1. Bidang Digestif

Operasi digestif dengan bantuan alat robotik dapat diterapkan pada prosedur gastrektomi, reseksi kolon, kolesistektomi, reseksi usus, hemikolektomi, reseksi pankreas, bedah intra rektal, dan beberapa prosedur lainnya. BMHS (Bundamedik Healthcare System) memiliki spesialis bedah digestif untuk prosedur ini.

Prosedur Medis Laparoskopi dan Keuntungannya

Selain Prosedur robotic surgery, ARMIS juga memiliki layanan laparoskopi atau operasi lubang kunci. Tindakan ini merupakan prosedur bedah minimal invasif, dengan cara membuat sayatan kecil pada bagian dinding perut. Prosedur laparoskopi memungkinkan pasien menjalani masa penyembuhan dalam waktu relatif lebih cepat dibandingkan jika menjalani operasi besar. Di samping itu, prosedur laparoskopi juga bertujuan meminimalisir risiko pada operasi mayor. Tujuan dari prosedur laparoskopi cukup beragam. Biasanya dokter akan mempertimbangkan prosedur ini untuk tujuan sebagai berikut:

  1. Melakukan pemeriksaan sekaligus melakukan penanganan jika ditemukan tumor yang tumbuh dalam panggul atau perut.
  2. Mengatasi endometriosis
  3. Mengambil sampel jaringan dari tubuh pasien untuk kebutuhan pemeriksaan biopsi
  4. Pemeriksaan terhadap kista, fibroid, hingga infeksi di organ reproduksi

Sementara itu, keuntungan dari prosedur laparoskopi juga sangat banyak. Dokter melakukan sayatan yang sangat kecil dengan ukuran 5-10 mm saja sehingga hanya akan menimbulkan luka operasi minimal, tidak seperti operasi besar. Prosedur laparoskopi juga dapat mengurangi rasa nyeri pasca operasi sehingga memungkinkan pasien pulih dalam waktu lebih cepat. Risiko pendarahan serta perlengketan juga bisa diminimalisir dengan prosedur laparoskopi.

Pengembangan teknologi di dunia kedokteran semakin memudahkan perawatan dan pengobatan pasien. Jika Anda ingin segera pulih pasca operasi, tidak ada salahnya memanfaatkan layanan prosedur robotic surgery dan laparoskopi dari ARMIS pada unit layanan BMHS (Bundamedik Healthcare System).


Informasi dan Pendaftaran :
Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.