News

Kenali Test Mantoux pada Anak

blog article

Tes Mantoux atau tuberculin skin test (TST) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya paparan kuman TB pada tubuh.  

Tuberculosis (TB) adalah penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan bersifat menular. Penyakit TB tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga dapat menyerang anak-anak. Penularan penyakit TB dapat melalui udara, misalnya saat penderita TB batuk sehingga bakteri menyebar ke udara.

Prosedur Tes Mantoux

Tes Mantoux pada anak dilakukan dengan menyuntikkan sejumlah cairan, yaitu PPD tuberculin ke kulit lengan untuk mengetahui apakah ada benjolan setelah 48 – 72 jam di bekas suntikan.

Hasil Tes Mantoux dikatakan negatif apabila tidak ada pembesaran atau benjolan. Namun, apabila ada pembesaran ukuran benjolan sebesar >10 mm dan tampak peradangan, maka hasil Tes Mantoux adalah positif. Dari hasil positif tersebut, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan adanya infeksi TB.

Pemeriksaan lebih lanjut diantaranya rontgen thorax dan pemeriksaan fisik lain yang mendukung diagnosa TB Paru pada anak.

Kapan Tes Mantoux harus dilakukan ?

Tes Mantoux pada anak dilakukan apabila muncul gejala sebagai berikut :

  • Mengalami demam lebih dari 2 minggu dan berulang-ulang meskipun tidak tinggi
  • Penurunan nafsu makan
  • Berat badan tidak naik dalam 2 bulan berturut-turut
  • Wajah anak tampak lesu dan tidak aktif
  • Terdapat benjolan pada leher yang bisa teraba
  • Kontak langsung dengan penderita TB
  • Batuk > 3 minggu yang sudah diobati belum ada perbaikan

Apabila anak atau keluarga memiliki tanda / gejala penyakit TB dan melakukan kontak langsung dengan penderita TB. Sebaiknya segera melakukan beberapa tes, salah satunya Tes Mantoux agar dapat mendapat tindak lanjut segera.

dr. Yulia Hernawati, SpA - RSIA Citra Ananda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799   

 


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.