News

Perawatan Gigi Susu pada Anak

blog article

Gigi susu anak akan mulai tumbuh pada usia 3 bulan tapi biasanya akan mulai kelihatan pada usia 6 bulan dengan ditandai anak yang mudah sekali mengeluarkan air liur dan rewel sekali. Hal ini dikarenakan rongga mulut anak mengalami ketidaknyamanan ketika gigi akan muncul ke atas gusi.

Bila usia 6 bulan belum tumbuh,jangan khawatir ya Bunda. Hal ini bisa dibantu dengan pemberian makanan yang agak ber tekstur atau mainan yang aman untuk digigit-gigit oleh bayi.

Aktivitas gigit merupakan upaya perangsang agar gigi keluar. Pada intinya gigi anak harus tumbuh. Jika terjadi keterlambatan biasanya oleh karena kurangnya rangsangan pada gusi. Jika sampai usia 9 bulan gigi belum juga keluar,konsultasikan dengan dokter gigi ya agar dapat diketahui penyebab dan solusinya

Memang tantangan dalam menjaga gigi susu anak adalah menjaga kebersihannya. Biasanya gigi susu depan atas jadi hitam dan keropos. Hal ini disebabkan oleh sisa susu yang menempel di gigi susu terlalu lama sehingga memudahkan perkembangan karies.

Pembersihan gigi susu dapat dilakukan dengan sikat gigi rutin atau membersihkan nya dengan kasa. Selain itu, Bunda dapat segera mengajak anak untuk memeriksakan gigi susu ke Dokter Gigi.

Bunda dan Ayah dapat menemani anak ke Dokter Gigi. Bunda dapat duduk sambil memangku anak di kursi dokter gigi sehingga anak akan menjadi bisa karena biasa ke Dokter Gigi.

Oleh karena hal itu, diperlukan kesadaran orang tua untuk memperkenalkan anak ke dokter gigi sejak dini.

drg. Datu Permata - RSIA Citra Ananda


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

RUMAH SAKIT BUNDA GRUP

Call Centre : 1-500-799   


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.