News

Bedah Epilepsi Atasi Kejang Tak Terkendali

blog article

Biasanya pada tahap pertama epilepsi bisa ditangani dengan penggunaan obat-obatan. Namun tak selamanya demikian. Ada kalanya pada satu titik pengobatan saja tak lagi cukup.

Oleh karena itu tindakan medis seperti pembedahan mau tak mau harus dilakukan. Pembedahan biasanya dilakukan kala pengobatan oral tak bisa dilakukan. Dengan pembedahan serangan kejang lebih bisa dikendalikan. Untuk beberapa orang, pembedahan bisa menghentikan kejang yang mereka alami. Pembedahan ini mungkin dipertimbangkan jika obat-obatan anti-epilepsi (anti-epileptic drugs/ AEDs) tidak menghentikan atau tidak secara signifikan mengurangi angka kejadian kejang yang dialami.

Pembedahan bisa dilakukan baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak.

Tindakan ini bisa dipertimbangkan jika :

  • Anda telah mencoba berbagai obat-obatan epilepsi dan tak ada satupun yang bisa secara signifikan mengurangi kejang-kejang.
  • Penyebab epilepsi bisa ditemukan secara spesifik ada di salah satu area di otak yang bisa dijangkau.
  • Apakah Anda cocok untuk pembedahan atau tidak, Anda mungkin ingin mendiskusikannya dulu dengan dokter Anda atau ahli saraf Anda.

Salah satu tes yang terkadang digunakan untuk membantu mendiagnosis epilepsi adalah pemindaian otak. Anda mungkin akan diminta melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) atau pemindaian CT-Scan (computerized tomography). Meskipun menggunakan teknologi yang berbeda, keduanya menghasilkan gambar otak Anda yang mungkin menunjukkan penyebab spesifik epilepsi Anda.

Beberapa penyebab epilepsi yang bisa diketahui misalnya adanya jaringan parut pada otak, malformasi perkembangan otak (masalah saat otak terbentuk di kandungan). Dapat juga kerusakan otak akibat cedera kepala, atau mengikuti infeksi seperti meningitis. Jika penyebab spesifik ditemukan, itu disebut ‘lesi epileptogenik’. Lesi epileptogenik dapat berbeda pada setiap orang.

TIM Dokter Bunda Neuro Center


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

#savingliveswithbunda #rsubundajakarta #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.