News

Data Mutu RSU Bunda Margonda

PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM BUNDA MARGONDA 2019

A. PENDAHULUAN

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan Rawat inap, Rawat Jalan dan Gawat Darurat. Mutu dan Keselamatan pasien menjadi hal yang utama yang harus dilakukan dirumah sakit secara berkesinambungan dalam mewujudkan Rumah Sakit yang bermutu dan berdaya saing tinggi.

Diera globalisasi ini, rumah sakit perlu terus meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien secara berkesinambungan dan berkelanjutan, kegiatan PMKP adalah merupakan proses yang tidak pernah berhenti dan harus selalu dilakukan di RS di Indonesia.

Isu patient safety  merupakan salah satu isu utama dalam pelayanan kesehatan, Para pengambil kebijakan, pemberi pelayanan kesehatan dan konsumen menempatkan keamanan pasien sebagai prioritas pertama pelayanan. Patient safety merupakan suatu yang jauh lebih penting dari pada sekedar efesiensi pelayanan berbagai risiko akibat tindakan medik dapat terjadi sebagi bagian dari pelayanan kepada pasien. Identifikasi dan pemecahan masalah tersebut merupakan bagian  utama dari pelaksanaan konsep patient safety.

Pelayanan kesehatan pada dasarnya adalah untuk menyelamatkan pasien sesuai yang diucapkan Hypocrates kira-kira 2400 tahun yang lalu yaitu premium, non no care (first do no harm) dengan berkembangnya IPTEK kedokteran, ilmu kedokteran yang dulu sederhana, inefektif dan relative aman, saat ini menjadi semakin komplek dan lebih efektif namun berpotensi terjadi KTD (kejadian Tidak di harapkan)pada pasien dan bila rumah sakit tidak memperhatikan dan menjalankan keselamatan pasien

Di Indonesia keselamatan pasien di canangkan pada tahun 2005 dan terus berkembang menjadi isu utama dalam pelayanan medis di Indonesia, hal ini bertujuan untuk mengakaji peran teknologi informasi untuk meningkatkan keamanan pengobatan pasien rumah sakit.

Dicanangkan gerakan nasional keselamatan pasien di rumah sakit dan di jadikan patient safety sebagi salah satu instrument yang di nilai dari sebuah akreditasi rumah sakit dengan tujuan dasar menyelamatkan pasien dengan cara menghilangkan faktor risiko yang mungkin menyebabkan adverse event.

Patient safety merupakan langkah dimana kita semua terfokus pada keselamatan dalam memberikan pelayanan pada konsumen, semakin baik pasien mendapatkan pelayanan artinya Mutu pelayanan rumah sakit akan meningkat. Mutu adalah derajat kesempurnaan pelayanan rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber Daya yang tersedia di rumah sakit secara wajar, efesien dan efektif serta di berikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika dan hukum, sosio budaya dengan memperhatikan keterbatasan kemampuan pemerintah dan masyarakat konsumen.

Mutu adalah standar yang memiliki elemen-elemen, diantaranya adalah usaha untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan yang mencakup produk jasa, manusia, proses dan lingkungan. Dengan itu bisa di gambarkan bahwa mutu adalah keseluruhan ciri atau karakteristik produk jasa dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan  dan harapan pelanggan.

Maka dengan dasar itulah kami membuat rencana program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSU Bunda Margonda dengan tujuan memberikan kepuasan pada pelanggan dengan mutu terbaik dengan mengutamakan keselamatan pasien dan melanjutkan program kerja yang belum tercapai pada tahun 2018.

B. LATAR BELAKANG

Dalam mewujudkan rumah sakit yang berdaya saing maka peningkatan mutu dan keselamatan pasien menjadi hal utama yang harus dilakukan rumah sakit secara berkesinambungan.

UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit, di sebutkan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib mengikuti akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. dalam melaksanakan akreditasi, dibutuhkan standar akreditasi sebagai acuan rumah sakit dalam meningkatkan mutu layanan yang berfokus pada pasien, bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan standar akreditasi di tingkat global. RSU Bunda Margonda memiliki fasilitas pelayanan yang memenuhi standar sebagai Rumah Sakit type C yang meliputi, Instalasi Gawat Darurat 24 jam, rawat jalan dan rawat inap serta penunjang medis yang lain.

Pada saat ini di RSU Bunda Margonda telah menjalankan pelayanan dengan mengacu pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Pada tahun 2017 RSU Bunda Margonda membentuk  tim  PMKP, dengan tujuan sebagai ujung tombak pelayanan dem tercapainya peningkatan mutu dan keselamatan pasien, sebagai RS yang sedang berkembang di depok, RSU bunda selalu berusaha melakukan perbaikan – perbaikan mutu disetiap bagian demi tercapainya keselamatan pasien.

C. CAPAIAN INDIKATOR MUTU



Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.