RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

  • Beranda
  • Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

layanan-medical-check-up-rsu-bunda-padang-untuk-kesehatan-anda-rs-bunda-group

RSU Bunda Padang didirikan dan mulai beroperasi pada tahun 1967 dari gagasan Hj. Nurhima D. Muzbar. RSU Bunda Padang berawal dari rumah sakit bersalin yang hanya menggunakan fasilitas seadanya di rumah yang disewa dari keluarga H. Muluk Latif (alm). Kini telah berkembang menjadi rumah sakit swasta di bawah naungan RS Bunda Group. Beralamat di Jl. Proklamasi Nomor 37, Padang, Sumatera Barat, RSU Bunda Padang mudah dijangkau dengan  transportasi umum maupun pribadi. Rumah sakit ini juga menyediakan berbagai layanan kesehatan bagi masyarakat tidak hanya keperluan bersalin, namun juga Medical Check-Up.

Baca Juga: Panduan Pasien RSU Bunda Padang

Medical Check-Up di RSU Bunda Padang

Rumah sakit ini menyediakan layanan Medical Check-Up yang dijalankan oleh dokter ahli serta fasilitas laboratorium lengkap juga radiologi. Setiap langkah pemeriksaan dilakukan dengan mendetail dan menyeluruh untuk mendapatkan hasil evaluasi kesehatan seakurat mungkin.

Medical Check-Up sendiri merupakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh pada tubuh seseorang. Dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi penyakit maupun gangguan kesehatan sedini mungkin. Harapannya pasien dapat melakukan pencegahan maupun pengobatan dini.

Penyakit yang mungkin dialami pasien dapat dicegah tingkat keparahannya jika dilakukan pengobatan atau treatment khusus sedini mungkin. Sebab pengobatan dilakukan dengan perencanaan yang tepat dan matang menyesuaikan kondisi pasien bersangkutan.

Fungsi dari Medical Check-Up

Medical Check-Up dapat dilakukan baik pada saat mengalami gangguan, gejala sakit, ataupun sekedar sebagai langkah preventif. Berikut umum fungsinya untuk kesehatan:

  1. Memantau kondisi kesehatan secara berkala. 
  2. Mendeteksi penyakit dengan gejala tersembunyi atau dengan gejala yang sering diremehkan. 
  3. Mengantisipasi penyakit agar bisa segera diatasi.
  4. Mengajarkan masyarakat betapa pentingnya memperhatikan kondisi kesehatannya sejak dini. 
  5. Memastikan kondisi kesehatan pasien sebelum memulai pengobatan. 
  6. Investasi jangka panjang dengan memiliki tubuh sehat.

Selain berguna bagi pasien, pelayanan RSU Bunda Padang ini juga membantu tenaga kesehatan untuk menentukan pengobatan paling tepat dan mengurangi risiko kesalahan yang dapat merugikan pasien maupun tenaga kesehatan bersangkutan.

Berkaitan dengan kondisi fisik tubuh dan efektivitas hasil, pasien perlu melakukan persiapan sebelum mulai rangkaian Medical Check-Up. Berikut beberapa hal yang wajib dipersiapkan:

  1. Membawa hasil pemeriksaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Bisa berupa catatan rekam medis, hasil rontgen, dan sebagainya. Konsultasikan juga mengenai peralatan atau pengobatan kesehatan yang sedang digunakan (alat kontrasepsi, konsumsi obat-obatan saat ini, dan sebagainya).
  2. Sebelum melakukan rangkaian pemeriksaan, gunakan pakaian yang praktis dan mudah dilepas untuk memudahkan penempatan peralatan evaluasi kesehatan. 
  3. Istirahat cukup, makan teratur beberapa hari sebelumnya agar pemeriksaan dapat dilakukan kondisi fisik terbaik.

Prosedur Medical Check-Up RSU Bunda Padang

Pemeriksaan untuk mendeteksi kondisi kesehatan seseorang dilakukan sesuai prosedur untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat. Untuk mencapai hasil tersebut, berikut prosedur Medical Check-Up RSU Bunda Padang:

1. Pemeriksaan riwayat medis

Dilakukan oleh dokter melalui pembicaraan dengan pasien seputar gaya hidup, pola makan, alergi, riwayat penyakit dalam keluarga, juga obat atau multivitamin yang dikonsumsi pasien. 

2. Pemeriksaan tanda vital

Dari irama detak jantung, kecepatan pernapasan, suhu tubuh, serta tekanan darah, tanda vital pada pasien merupakan analisis yang paling utama dalam menentukan gejala penyakit. Pemeriksaan ini juga mendeteksi adanya penyakit bawaan yang diderita sebagai kelanjutan tahap wawancara.

3. Pemeriksaan fisik

Tinggi badan, berat badan, kuku, rambut, dan kulit diobservasi secara langsung. Dokter juga akan mengetuk atau menekan bagian tubuh tertentu untuk mengetahui ada tidaknya keluhan sakit atau nyeri. Dokter juga akan memeriksa bagian hidung, mata, dan telinga beserta dengan fungsi gerak pasien melalui otot, sendi, dan tulang-tulang pasien. Beberapa pemeriksaan akan meliputi bagian payudara dan alat reproduksi untuk mendeteksi gejala awal tumor atau kanker baik pada wanita maupun pria.

4. Pemeriksaan penunjang RSU Bunda Padang

Dilakukan melalui foto rontgen, USG, pap smear khusus wanita, dan elektrokardiografi atau rekam jantung untuk mendapatkan hasil yang lebih mendetail.

Waktu Paling Ideal Pemeriksaan Kondisi Kesehatan

Mengetahui betapa penting deteksi dini terhadap kondisi kesehatan tubuh, maka perlu dilakukan dalam waktu ideal. Bagi Anda yang belum pernah melakukan pemeriksaan sama sekali, tidak ada salahnya mulai melakukan Medical Check-Up tersebut dan kembali diulangi tiap 2 atau 3 tahun sekali.

Baca Juga: Medical Check Up Berkala untuk Kesehatan Anda

Khusus usia 50 tahun atau lebih, penderita obesitas, memiliki penyakit penyerta atau komorbid, juga Anda yang sedang menjalani pengobatan dapat melakukan medical check-up sekali setahun di RSU Bunda Padang. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group.

Bagikan Artikel Ini: