RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

  • Beranda
  • Jangan Anggap Sepele, 17 Rekomendasi Cemilan untuk Maag

Jangan Anggap Sepele, 17 Rekomendasi Cemilan untuk Maag

Punya penyakit maag memang terkadang menyusahkan, karena tidak boleh salah makan, tapi untungnya masih ada cemilan untuk maag yang jadi penolong bagi Anda penderita penyakit lambung ini.

Baca Juga: 11 Bidang Penyakit yang Ditangani oleh Poli Penyakit Dalam

Bagi para penderita sakit lambung terutama yang akut, biasanya memang sangat pemilih saat hendak makan. Wajar saja, sebab banyak jenis makanan yang bisa membuat kambuh dan meningkatkan asam lambung.

Apakah Anda juga menderita sakit maag? Sering bingung mau ngemil apa agar tetap bisa makan dengan nyaman? Berikut kami berikan informasi mengenai beberapa cemilan yang bisa dimakan oleh penderita sakit lambung ini.

Apa itu Sakit Maag?

Sebelum membahas mengenai cemilan untuk maag, Anda perlu tahu dahulu mengenai informasi penyakitnya. Maag atau dispepsia merupakan penyakit kambuhan berupa rasa tidak nyaman pada bagian perut, seperti terasa penuh atau rasa panas di bagian atas perut.

Bisa juga disertai kembung, mual, dan muntah yang diakibatkan peningkatan asam lambung di saluran cerna. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti cedera atau infeksi, dapat juga karena konsumsi alkohol atau obat pereda nyeri.

Gejalanya adalah rasa nyeri pada perut bagian atas, mual, dan bisa disertai muntah. Biasanya, untuk mengobatinya bisa dengan memberikan antibiotik, dan obat dispepsia seperti antasida atau ranitidine.

Penyebab dari Sakit Maag

Ada beberapa penyebab kambuhnya sakit lambung, bisa karena makanan atau kegiatan yang dilakukan maupun kebiasaan. Memilih jenis cemilan untuk maag merupakan salah satu cara menurunkan risiko naiknya asam lambung.

Sakit pada bagian perut dan dada ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Kebiasaan makan di waktu yang tidak tepat atau terlambat makan.
  2. Perut dibiarkan kosong dalam waktu lama. 
  3. Mengkonsumsi jenis makanan atau minuman peningkat asam lambung.
  4. Mengalami tukak lambung.
  5. Infeksi bakteri.
  6. Peradangan pada lambung.
  7. Penggunaan obat-obat antiinflamasi atau pereda rasa sakit yang berlebihan.

17 Rekomendasi Cemilan untuk Maag

Bagi Anda yang menderita sakit dispepsia, memang tidak boleh makan sembarangan dan harus mengatur waktu makan dengan benar. Agar tidak sering kambuh, Anda sebaiknya memilih cemilan untuk maag berikut ini untuk dikonsumsi:

1. Bubur

Makanan satu ini memang selalu bisa jadi andalan sebagai pengganjal perut, terutama di pagi hari. Teksturnya yang lembut akan mudah dicerna oleh lambung dan dapat mencegah atau meringankan rasa sakit di bagian perut.

2. Sari Kacang Hijau

Cemilan untuk maag yang aman dan dapat bantu memelihara kinerja jantung adalah kacang hijau. Dengan mengonsumsi kacang hijau, asupan karbohidrat tubuh dapat terpenuhi sekaligus membentuk lapisan mencegah naiknya asam lambung.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk juga dapat jadi pilihan lain bagi penderita sakit lambung, terutama dapat dikonsumsi saat kambuh. Anda tinggal merebus kentang lalu menghaluskannya, dapat dicampur dengan daun bawang dan sedikit perasa.

Baca Juga: Muntah Hitam dan Pahit? Segera Tangani!

4. Oatmeal

Sarapan dengan oatmeal menjadi alternatif lain yang simpel dan dapat meredakan asam lambung. Kandungan seratnya tinggi bisa membuat perut kenyang lebih lama.

5. Salad Sayuran

Pilihan lainnya adalah salad sayuran terdiri atas brokoli, kol, wortel, timun, dan labu. Jenis sayuran ini akan bantu turunkan asam lambung serta mengandung antioksidan tinggi.

6. Biskuit Jahe

Cemilan untuk maag berikutnya adalah biskuit, tapi yang dibuat dari bahan jahe. Sejak dulu jahe dipercaya bisa bantu redakan perut kembung akibat naiknya asam lambung.

7. Potongan Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah yang punya daging tebal dan rasanya enak, sangat cocok untuk menjadi camilan sore orang dengan lambung lemah. Anda bisa mengonsumsinya di sela waktu makan sehingga memberikan efek kenyang.

Baca Juga: Gejala, Pengobatan, dan Penyebab Kanker Pankreas

8. Pisang

Pisang juga bisa menjadi pilihan lainnya, bukan hanya menormalkan derajat keasaman di sistem pencernaan, tapi juga membantu menormalkan tekanan darah akibat stres.

9. Kelapa Muda

Kelapa muda juga merupakan jenis minuman aman bagi penderita dispepsia, tapi tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

10. Puding Lidah Buaya

Cemilan untuk maag lainnya adalah puding yang dibuat berbahan dasar lidah buaya. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya dan simpan di dalam kulkas untuk dikonsumsi saat lapar.

11. Permen Karet

Bukan permennya yang membuat maag teratasi, tapi aktivitas mengunyah permen karet dapat menjadi penawar sakit lambung ini. Karena aktivitas ini merangsang produksi air liur bersifat basa.

12. Sayuran Kukus

Berbagai jenis sayuran kukus seperti brokoli dan wortel juga baik dikonsumsi penderita maag, terutama jika sedang berdiet.

13. Plain Yogurt

Hasil olahan susu berupa plain yogurt menjadi cemilan sehat yang bisa dinikmati setelah makan siang oleh penderita maag.

14. Roti Gandum

Pilihan lainnya adalah roti gandum yang diberikan selai almond. Rasanya enak juga tidak menyiksa lambung Anda.

15. Kaldu Tulang

Cemilan untuk maag berikutnya adalah kaldu tulang. Makanan ini terutama dikonsumsi saat penyakit maag kambuh. Cara membuatnya mudah dan kandungan gizinya juga tinggi.

16. Granola

Makanan ini juga dapat dijadikan makanan diet para penderita penyakit maag akut. Granola memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya membersihkan pencernaan.

17. Nanas

Banyak penderita sakit lambung menghindari makan nanas, karena dianggap berbahaya. Padahal sebaliknya, nanas merupakan salah satu buah yang cocok dijadikan cemilan penderita sakit lambung.

Baca Juga: Usus Buntu Pecah? Segera Tangani!

Sakit maag bukan berarti tidak bisa makan, hanya saja harus memilih dan memilah jenis makanan yang tepat. Pastikan untuk selalu memilih cemilan untuk maag dengan benar sehingga tidak kambuh di waktu penting. Reservasikan konsultasi Anda dengan ahli dari jadwal dokter kami. Kunjungi juga laman informasi untuk layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: